21 Februari 2024

Sajikan Menu Mendunia dengan Bahan Lokal: Disperin NTB, Gandeng Nice dan Joongla Dampingi IKM Ciptakan Inovasi Baru Dalam Pengolahan Makanan

Mataram (Dinas Perindustrian NTB) – Acara penutupan Bimtek Pengolahan Makanan Bagi IKM Kota Mataram telah terlaksana dengan baik oleh Dinas Perindustrian NTB bersama Joongla di Sunset Land. Dihadiri oleh Kepala Dinas Perindustrian NTB, Koperasi dan UMKM Kota Mataram, tim pendamping IKM dan tentunya 20 pelaku IKM pada Rabu, 07 Februari 2024.

Pendamping IKM, Dimas Putra Pratama mejelaskan bahwa setelah melakukan pendampingan kepada 20 peserta IKM produk makanan selama 3 hari, Dimas mengaku banyak menemukan potensi yang dimiliki Kota Mataram dan layak untuk dikembangkan. “saya yakin kedepannya Kota Mataram memiliki kekuatan dari inovasi-inovasi yang dikeluarkan. Saat ini yang kita butuhkan hanya pembinaan dan pembimbingan yang berkesinambungan” ujarnya. 

Selain mendapat pelatihan dan pendampingan secara offline, para pelaku IKM juga sudah mendapatkan pelatihan praktek pemasaran digital /online untuk memperluas akses pasar lokal. Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti SE., ME mengatakan “Saya berharap kedepannya, dari dinas dapat menindaklanjuti dan menekankan lagi materi-materi yang sudah diberikan oleh pendamping agar pelaku-pelaku IKM bisa berkonsultasi melalui dinas. Tidak dari tim pendamping lagi” ungkapnya.

Disperin dan Joongla mengajak seluruh IKM untuk terus berinovasi, memberikan menu-menu baru dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal. Komitmen dari seluruh pihak yang terlibat sangat diperlukan di sini. Agar pendampingan ini berjalan dengan optimal. Karena kegiatan seperti ini akan terus diadakan kedepannya.