22 Juli 2024

Panen Kapas Bidadariku: Bersama Mewujudkan Kedaulatan Sandang Indonesia

Lombok Barat, 11 Juli 2024 – Mewakili Plh. Kepala Dinas Perindustrian NTB, Tim Bidang Sarana Prasarana dan Pemberdayaan Industri menghadiri acara panen kapas di perkebunan kapas Bidadariku, sebuah UMKM yang bergerak di industri pertenunan tradisional dan pertanian organik bahan baku sandang berkelanjutan. Acara ini diselenggarakan di Desa Giri Trembesi, Gerung, Lombok Barat dengan tema “Bersatu wujudkan kedaulatan sandang Indonesia”.

Acara ini bertujuan untuk mengingatkan kembali sejarah perjuangan kedaulatan sandang Indonesia, meningkatkan kesadaran akan pentingnya kapas dalam industri tenun dan produk turunannya, memperkuat kemitraan, serta mempromosikan produk buatan Indonesia dengan bahan baku lokal.

Peserta yang hadir dalam acara ini terdiri dari petani kapas, pelaku usaha, masyarakat umum, perwakilan pemerintah, dekranasda NTB, akademisi, komunitas, seniman, organisasi terkait, dan media. Hadir pula beberapa tokoh penting, termasuk Pendiri dan Pemilik Bidadariku, Bapak Lalu Hilman Afriandi; Tamu Istimewa, CEO Ladara Indonesia Ibu Nanny Hadi Tjahjanto; Ketua Dewan Serat Indonesia Ibu Dra. Euis Saedah, Gubernur Provinsi NTB yang diwakili oleh Asisten II bapak Fathul Ghani; Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Bapak Iman Raharjo; serta Menteri Koperasi UKM RI.

Rangkaian acara yang disajikan meliputi atraksi budaya Sasak-Bali, diskusi bersama, prosesi panen kapas, serta pameran teknologi alat pintal kapas dan tenun.

Acara panen kapas ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat kedaulatan sandang Indonesia dan mendorong penggunaan bahan baku lokal dalam industri tenun, yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian lokal dan nasional.