22 Juli 2024

Awan Paper Berkunjung ke Dinas Perindustrian Provinsi NTB

Selasa, 16 Juli 2024. Kunjungan silaturahmi ke Balai Kemasan, Mael dan Ghani owner dari Awan Paper, penggiat industri kreatif yang memproduksi kertas dari tanaman seperti bambu dan bahan pisang. Semua produk yang dihasilkan juga menggunakan pewarna dengan bahan alami. Awan Paper berlokasi di Kuta Lombok Tengah.

Untuk pembuatan produk, Mael menggunakan serat bambu yang masih muda karena didalamnya masih terdapat kandungan lem alami lalu dikeringkan. Mael juga mengatakan “ Faktor Cuaca juga mendukung dalam pembuatan ini, tidak boleh lembab dan harus kering. Jika temperaturnya lembab, kertas tersebut akan berjamur dan tidak bisa digunakan,” jelasnya.

Kertas yang diproduksi bisa digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan hang tag, price tag, amplop sampai cover buku/note book. Mael juga membawa contoh produk dari bahan kertas yang dibuatnya, yakni notebook, contoh cover menu restaurant, post card, gift card, sampai cover undangan.

Kepala UPTD. BKPD Drs. Agus Supriyanto, Apt memberikan saran agar Mael mampu bekerjasama dengan pelaku usaha lokal (IKM) atau pengusaha yang membuat hampers seperti Bale Creative, Pinalo dan juga Bale Kriya (Dekranasda NTB).