22 April 2024

Dinas Perindustrian NTB Bersama Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. NTB Siap Menjadi Fasilitator IKM di NTB

Mataram (Dinas Perindustrian NTB) -⁩ Kepala Dinas Perindustrian Prov NTB didampingi Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Pemberdayaan Industri Dr. Ariyanti Dwiyani, Fungsional Perencana Muda Asep Kurniawan, S.Pt., MM.Inov, dan Fungsional Pembina Industri Yana Mulyana melaksanakan rapat kordinasi dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov NTB di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov NTB. (Rabu, 7 Februari 2024)

Diskusi santai yang dilakukan, membahas beberapa hal demi memajukan IKM yang ada di NTB. Terkait hal tersebut, Dinas Perindustrian akan memfasilitasi dua kegiatan. Pertama, yang terpaut IKM eceng gondok di Kab. Lombok Tengah dan yg kedua adalah tenun di Kab. Lombok Timur berbasis BUMDES. Bapak Fanny Plt Kakanwil Ditjen Perbendaharaan bersama Kadisperin NTB berserta jajarannya mempersiapkan pelaksanaan Bimtek Eceng Gondok yang akan dilaksanakan di Kabupaten Lombok Tengah sebagai salah satu program kerja mereka untuk memajukan IKM NTB.

Di tahun 2024, Kanwil Ditjen memiliki rekam jejak tentang upayanya memajukan IKM NTB. Melalui beberapa kegiatan seperti subsidi bunga KUR di Perbankan dan subsidi KUR di luar lembaga keuangan yang disebut progam UMI, Pembinaan dan fasilitasi LPDP dan EMONEV KUR berupa pelatihan pembukuan IKM yang berorientasi pemasaran. Berbagai pengalaman yg dimiliki Kanwil Ditjen dalam memajukan IKM dapat menjadi pondasi yg kuat dalam membangun program kerja ini.