15 Juni 2021

Kemasan, Sentuhan akhir Produk IKM NTB

Kemasan yang menarik adalah strategi pertama dalam proses pemasaran produk IKM NTB. Oleh karena itu, perbaikan kemasan produk IKM merupakan salah satu sasaran strategis yang terus didorong oleh Dinas Perindustrian Provinsi NTB melalui Balai Kemasan Produk Daerah.
Banyak produk IKM yang bagus, tapi jika kemasannya kurang menarik, kurang eye catching, tentunya tidak akan menarik minat konsumen. Apalagi saat ini, digital marketing merupakan salah satu pasar dunia maya yang sangat mengandalkan kecantikan dan keindahan kemasan produk sebelum menentukan membeli sebuah produk atau tidak. Hal ini sering diabaikan oleh kawan-kawan IKM, dan kekeliruan mind set inilah yang dicoba untuk diubah oleh Balai Kemasan Produk Daerah Provinsi NTB.
Menjemput bola, sampai ke pelosok. Memang luar biasa tim Balai Kemasan Disperin NTB ini. Dipimpin langsung oleh Kepala Balai Kemasan, H. Lalu Siswadi Handayani, SE, tim Balai Kemasan Disperin NTB menelusuri pelosok demi pelosok NTB untuk mengajarkan kawan-kawan IKM memperbaiki dan memperhatikan konsep kemasan produk. Karena kemasan produk yang baik adalah ikhtiar untuk meningkatkan nilai tambah produk IKM di pasar yang lebih luas.
Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Prov. NTB, Nuryanti, SE., ME berkesempatan hadir memberikan motivasi kepada IKM untuk lebih maju, khususnya dalam hal kemasan. Beliau sekaligus memberikan bantuan alat kemasan kepada kelompok IKM yang mengikuti kegiatan tersebut.
Kegigihan kawan-kawan Balai Kemasan Produk Daerah Provinsi NTB ini harus diapresiasi tinggi. Menjelajah sampai ke pelosok negeri untuk membangun pemahaman bersama, bahwa produk yang baik harus dikemas dengan baik juga. Produk yang baik perlu dibungkus dengan kemasan yang juga menarik agar konsumen tertarik dan membawa cerita baik tentangnya.
Semua ikhtiar ini adalah kerja bersama. Pelatihan kemasan untuk produk IKM NTB adalah ikhtiar terbaik untuk membangun kebanggaan terhadap produk IKM NTB. Kebanggaan menjadi IKM NTB. Menuju NTB Gemilang.
#Industrialisasi
#CintaidanBeliProdukNTB
#PertumbuhanIndustri
#IKMnaikKelas
#NTBMandiridanSejahtera
#NTBGemilang
#DariNTBuntukIndonesia