20 September 2021

Iwin Insani, Mantan TKW Jadi Pengusaha NTB

Industri Kosmetik merupakan salah satu industri prioritas di Nusa Tenggara Barat. Saat ini industri kosmetik di NTB semakin berkembang dan menggeliat. Salah satunya adalah IKM Karya Iwin Insani yang ownernya adalah Iwin Insani sendiri. CV Iwin Karya Insani saat memiliki 50 produk dan salah satu produk unggulannya adalah sunblock yang memanfaatkan produk lokal dan produk yang ramah lingkungan.

Produknya sudah tersebar ke banyak negara, Iwin bahkan mampu eksis di tengah pandemi. Selama pandemi ini, ada 30.000 ribu produknya yang sudah terjual, baik lokal, nasional maupun internasional.

“Saat ini produk-produk kami sudah tersebar ke beberapa negara di antaranya Australia, Moscow, London, dan Spanyol. Dan rata-rata mereka mengorder kembali produk kami. Kenapa orang luar order lagi produk kosmetik kami? Karena kami mengutamakan kualitas.” Ungkap Iwin dalam acara Bincang Gemilang dengan tema Industrialisasi di NTB pada Jum’at, 28 Mei 2021.

Ternyata, sebelum menjajaki menjadi pengusaha, Iwin dulunya pernah bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW). Setelah lulus dari Fakultas Keguruan di salah satu Universitas di Mataram, Iwin mencoba melamar ke beberapa sekolah menjadi guru, tapi sayang ia belum diterima. Akhirnya ia memutuskan menjadi TKW dan bekerja di beberapa negara seperti China, Turki, dan Hongkong.

Sepulangnya, ia kemudian memulai usahanya pada akhir tahun 2019. Sayangnya, awal tahun 2020, Pandemi Covid melanda. “Tapi syukurnya, melalui program JPS Gemilang yang dibuat oleh pemerintah kemarin, kami sangat terbantu sehingga kami bisa bangkit dan eksis di tengah pandemi. Sekali lagi terima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTB.” ungkapnya di akhir acara.

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

 #DariNTBuntukIndonesia

#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas