22 Juli 2024

DISPERIN tutup Bimtek WUB Ekosistem Permesinan bagi Kota Mataram

Mewakili Plh Kepala Dinas Perindustrian NTB, Kepala bidang kerjasama pengawasan dan promosi investasi industri menutup acara Bimbingan teknis wirausaha baru ekosistem permesinan bagi IKM Kita Mataram yang di adakan di BLK NTB 7/7/2024.

Kegiatan bimbingan teknis ekosistem permesinan bagi IKM kota Mataram tersebut dilaksanakan 3 hari dengan jumlah peserta sebanyak 10 orang dan menerima materi teori dan praktek langsung dipandu oleh instruktur.

Eti Hartati S. Si sebagai Panitia penyelenggara mengungkapkan harapannya “semoga materi yang sudah di terima peserta dapat bermanfaat, dan setiap peserta akan mendapatkan NIB usaha yang sudah di daftarkan di OSS oleh panitia dan sertifikat telah mengikuti acara Bimtek ekosistem permesinan.

Safwan salah satu peserta juga mengungkapkan terimakasihnya sudah di berikan kesempatan ikut menjadi peserta pelatihan kali ini, beliau juga menceritakan pengalaman di bidang permesinan yang sudah digeluti dari bangku SMP, dan hari ini merasakan ilmu baru dan nama-nama alat yang lebih moderen dan lebih maju dalam menjalani aktivitas sebagai pelaku usaha dibidang permesinan.

Selain itu instruktur yang mendampingi para peserta juga memberikan sambutan dalam acara tersebut (Zarkasi) dan mengatakan bahwa “peserta yang ditunjuk oleh Dinas sudah mempunyai kompetensi dasar dalam mengikuti pelatihan kali ini, untuk itu walaupun materinya di pres yang biasanya kita melatih selama satu bulan untuk materi yang sama, dan ini bisa selesai selama tiga hari karena keterbatasan waktu yang ada.

Beliau melanjutkan “tetapi pesan saya jangan pernah berhenti belajar, bisa langsung bertanya kepada instruktur walaupun acara sudah selesai, coba kita belajar dari animasi SpongeBob yang mencintai pekerjaannya dengan sepenuh hati, dan jangan seperti tokoh Squidward yang bekerja dengan sakit hati” tutup beliau

Sebagai sambutan penutup Kepala bidang kerjasama pengawasan dan promosi investasi industri Arifin SH., MH mengatakan “walaupun waktu pelatihan cukup singkat dan ilmu yang kita dapat tidak banyak, namun berapa lama pun kita belajar tetapi rasanya tetap kurang, karena ilmu itu tetap berkembang apalagi dengan perkembangan zaman dan tekhnologi hari ini”.

Beliau melanjutkan “kerjasama yang kami lakukan dengan BLK NTB adalah langkah awal, dan untuk kerjasama berikutnya dalam hal pelatihan industri permesinan khususnya dibidang otomotif dan kendaraan lainnya, karena di BLK yang kita ketahui bersama ada jurusan yang tersedia dan perlengkapan untuk praktek langsung bagi peserta “.

Dengan adanya pelatihan hari ini, semoga peserta yang sudah terlatih bisa memanfaatkan ilmu yang sudah didapat dan bisa mengajarkan kepada pelaku industri permesinan lainnya untuk NTB lebih baik, selain itu dalam rangka mendukung BBI & ite begawe fest yang akan diadakan di NTB, Dinas Perindustrian dan Kementerian Perindustrian gencar melakukan kegiatan2 sosialisasi dan pelatihan untuk sisksesinya acara yang akan diadakan akhir tahun ini.