20 September 2021

Industrialisasi Dan Zero Waste, Kini Hadir Melalui Mesin Pengolah Sampah di STIPark NTB

Sekali lagi kita bangga menjadi NTB. HARUS ITU. Karena apa? Karena kita punya STIPark NTB. Tempat dimana dua program unggulan Pemprov NTB bergabung menjadi satu. Industrialisasi dengan konsep peningkatan nilai tambah dan Zero Waste dengan konsep penanggulangan masalah sampah khususnya sampah plastik.

Kolaborasi itu tergabung dalam mesin pengolah sampah plastik menjadi solar. Lokasinya ya di STIPark NTB. Sampah plastik adalah masalah, inisiasi peningkatan nilai tambah dari masalah tersebut kini hadir di STIPark NTB. Hadir melalui kerjasama antara PT. Geo Trash Management dengan Pemprov NTB, mesin ini dilaunching oleh Wagub NTB, Dr. Ir. H. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd, Sabtu, 29 Mei 2021. Kehadiran mesin ini merupakan salah satu inovasi besar Pemprov NTB agar nantinya teknologi ini dapat diterapkan secara massal di seluruh Kab/ Kota yang ada di NTB. STIPark hadir sebagai jembatan untuk melakukan fungsi riset dan ATM (amati, tiru dan modifikasi) dari teknologi mesin tersebut agar nantinya dapat diterapkan sesuai dengan kultur NTB. Opsi itu sudah lahir.

Bahkan dari sampah yang tidak bernilai, bisa ditingkatkan nilai tambahnya melalui industrialisasi. Apalagi potensi NTB yang jelas bernilai tinggi, tentunya lebih mampu lagi untuk dielaborasi menjadi semakin bernilai.

Teknologi pirolisis yang menjalankan mesin tersebut tentunya harus mampu diterjemahkan oleh putra-putri NTB menjadi mesin-mesin TTG yang bisa digunakan dan diproduksi massal di NTB. Pemprov NTB sudah menghadirkannya, STIPark sudah menjadi trigernya, tinggal kita yang mau mengambil peran dimana dan seperti apa. Masih banyak pekerjaan besar menanti kita. Jangan habiskan waktu untuk hal-hal yang nirmakna. Mari bergerak bersama, menuju NTB Gemilang.

#NTBLawanCorona

#Industrialisasi

#CintaidanBeliProdukNTB

#PertumbuhanIndustri

#IKMnaikKelas

#NTBMandiridanSejahtera

#NTBGemilang

 #DariNTBuntukIndonesia

#IKMKerjaKerasIKMNaikKelas