23 Juli 2024

Training Kewirausahaan bersama Sahabat UMKM Tahap I telah Usai

Pelaku IKM dalam kurun waktu terus meningkat dan berkembang seiring dengan kemodernan era masa kini. Memiliki usaha tidak hanya mengetahui cara membuat dan menjual saja, namun perlu diperhatikan pengelolaan keuangannya.

Training yang diadakan oleh Sahabat UMKM Sinergi Disperin NTB dan PW Salimah NTB ini telah memasuki hari terakhir dengan materi Menagemen keuangan, Penggunaan aplikasi kasir dan Sosialisasi serta cara pendaftaran aplikasi SIMANIS.

Kepala Bidang Sarpras Dr. Aryanti Dwiyani mewakili kepala dinas perindustrian memberikan sambutan pada kegiatan ini. (Sabtu, 2 Maret 2024)

“Terimakasih kepada Sahabat UMKM yang sudah mensupport peserta dari teman- teman IKM, juga ikut bergabung ikm Konveksi Desa Selagik Terara Lotim. Giat ini urgent untuk menambah wawasan serta mengupgrade produk baik itu cara mengatur keuangan, membranding produk, dll” Tutur Bu aryanti.

Pada kegiatan ini, IKM diharapkan mampu mengelola usahanya lebih rapih dan tertata. “Ketika kita dapat mengatur dan mengelola keuangan, sudah mengerti pemasaran, dan personal branding maka dengan demikian insya Allah akan mampu bersaing dipasaran” tambahnya.

Tim sarpras juga dalam hal ini mensosialisasikan aplikasi SIMANIS serta cara mengakses dan mendaftarkan produknya. Dengan demikian akan dapat terpantaunya perkembangan usaha secara sistematis. Seluruh IKM langsung mempraktikkan cara mendaftar usahanya dan sebagian IKM sudah melakukan pendaftaran pada SIMANIS .

Antusias IKM untuk mendaftarkan produknya melalui website, Namun ada beberapa kendala yang dihadapi seperti akses NIK sudah terdaftar, lupa password, tidak bisa login dsb.