23 Juli 2024

Disperin NTB Dukung Penuh Sinergitas Guna Mencegah Penyebaran Paham Intoleransi, Radikalisme, dan Terorisme

Mewakili Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Koordinator PPID Disperin NTB Ahmad Ijtihad, M.M mengikuti dialog kebangsaan yang diselenggarakan oleh BKD Prov NTB dengan tema “membangun sinergitas guna mencegah penyebaran paham intoleransi, radikalisme, dan terorisme” yang berempat di Gedung Graha Bakti Praja Gubernur NTB.

Penjabat Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si yang di wakili oleh Ir. Lalu Hamdi, M.Si selaku Kepala Pemerintahan Biro Pemerintahan dan OTDA Setda Prov NTB, dalam sambutannya menyampaikan pesan khusus kepada seluruh peserta dialog hingga masyarakat NTB pada umumnya, “Dalam kondisi global seperti ini tentu membutuhkan pemahaman yang mendalam terkait intoleransi, radikalisme, dan terorisme dalam upaya mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi di daerah kita. Kami ingin mengajak kita semua untuk terus bersama-sama menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia dari segala aspek”.

Untuk mencegah paham intoleransi, penting untuk terbuka terhadap perbedaan, mendengarkan dengan empati, dan berusaha memahami sudut pandang orang lain. Pendidikan tentang keberagaman juga dapat membantu membangun pemahaman yang lebih luas.

Kemudian untuk mencegah paham radikalisme, penting untuk mempromosikan pendidikan yang inklusif, dialog antarbudaya, dan pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan. Melibatkan masyarakat dalam kegiatan sosial dan pendidikan dapat membantu membangun toleransi dan mengurangi potensi radikalisme.

Dan yang terakhir mencegah paham terorisme melibatkan pendekatan multidimensional, termasuk edukasi, dialog antarbudaya, dan penguatan komunitas untuk mengidentifikasi serta mengatasi faktor penyebab radikalisasi.

Besar harapan semua stakeholder terlibat dalam mencegah penyebaran paham intoleran, radikalisme, dan terorisme.