22 Juli 2024

Rapat Singkronisasi Program Lintas Sektor dalam Pengembangan Desa Wisata

Rabu, 21 Desember 2022, Subkoordinator Promosi Investasi Industri Ety Hartati, S.Si mengikuti Rapat Singkronisasi program lintas sektor dalam pengembangan desa wisata. Rapat ini sebagai tindak lanjut pertemuan pembahasan destinasi wisata asri dan lestari, yg diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata NTB. Untuk mewujud destinasi wisata yang sehat, bersih, asri dan lestari perlu ada nya Singkronisasi program antara lembaga dan stakeholder, untuk mensinergikan kegiatan yg ada dimasing-masing stakeholder.

Ada sekitar 27 desa pariwisata rintisan yg belum terupgrade dan ada 5 desa wisata unggulan yg akan dikolaborasikan pembangunannya dengan program stakeholder lainnya, yaitu :

  1. Loang balok, desa Tanjung karang Mataram.
  2. Senggigi Lombok barat
  3. Kawasan Mandalika Lombok Tengah
  4. Sembalun Lombok Timur
  5. Gili Tramena Lombok Utara.

Diharapkan masing-masing stake holder mempunyai program yg dapat mensupor pembangunan di 5 desa destinasi wisata diatas. Sementara itu, Dinas Perindustrian akan melakukan pendampingan dan fasilitasi untuk legalitas, perizinan, sertifikasi halal dan merek, serta melakukan peningkatan kapasitas SDM, penyediaan alat dan permesinan bagi IKM binaan Dinas perindustrian.