19 Mei 2024

Tingkatkan Pengetahuan dan Konsultasi terkait Kemasan, Mahasiswa Pertanian Unram Kunjungi UPTD BKPD

Perkembangan teknologi kemasan yang semakin maju, maka IKM di dorong untuk menciptakan produk yang diterima pasar dengan kemasan yang sangat mendukung, tentunya desain menarik, unik, sehingga mampu bersaing dipasaran.

Dikarenakan pentingnya fungsi kemasan dalam sebuah produk, delapan Mahasiswa anggota KSI Al-Isra, Fakultas Pertanian Universitas Mataram melakukan kunjungan studi ke Balai Kemasan (Senin, 12 Desember 2022) dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait kemasan produk. Disambut hangat oleh Kasi Pelatihan dan Promosi, Heldy Sardianto, MM. Inov, didampingi staf Balai Kemasan Zahrul Martayadi, S. STP., Dico Muhammad, S.Tr.IP dan Ardillah Dahlia, S.TP.

Dico Muhammad menjelaskan bahwa Kemasan Kemasan merupakan wadah yang dapat meningkatkan nilai dan fungsi sebuah produk. Pengemasan produk menjadi hal yang penting karena kemasan memiliki dampak fisik dan psikologis. Dalam hal dampak fisik, kemasan berfungsi sebagai wadah dan pelindung.

“Kemasan juga memiliki dampak psikologis karena tampilan kemasan dapat menimbulkan kesan tertentu bagi para konsumen yang akan mempengaruhi preferensi mereka terhadap produk yang dikemas,” tuturnya.

Mahasiswa yang berkunjung memiliki beberapa produk hasil program kreativitas yang mendapat pendanaan dari kampus sebagai upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. Adapun salah satu produknya yaitu kopi robusta punik asal Sumbawa. Sangat menarik bagi mereka untuk belajar terkait kemasan yang cocok terhadap produknya.

Kegiatan dirangkaikan dengan praktik kemasan sederhana menggunakan handsealer dan vacuum sealer. Dalam kemasan pula harus tertera beberapa informasi terkait produk sebagai identitas. Usai praktik, mahasiswa diajak melihat proses produksi di Balai Kemasan seperti pembuatan kardus, proses desain kemasan, sablon kemasan, cetak stiker dan pelayanan lainnya

“Alhamdulillah kami KSI Al-Israa’ sudah diberi kesempatan untuk berkunjung ke Balai Kemasan. Terimakasih atas segala bentuk jamuannya, dari materi, arahan, praktek dan pengenalan alat alat kemasan yg baru kami ketahui. Harapannya, masyarakat NTB khususnya kota Mataram bisa mengenal dan memanfaatkan keberadaan instansi tersebut. Jangan bosan bosan menerima kunjungan Mahasiswa ya” Ungkap Ita salah satu mahasiswa fakultas pertanian