19 Mei 2024

Usaha Budidaya Bumbul Sari Aqua Cultur, Berdayakan Petani Udang di KLU

Senin 12 Desember 2022 Subkoordinator Pengawasan Bahrul Helmi, Moh Hakim bersama Subkoordinator Promosi Investasi Industri Ety Hartati, H. Jamaludin melakukan kunjungan ke IKM budidaya Udang Mumbul Sari Aqua Cultur di Kabupaten Lombok Utara.

Usaha budidaya udang Bumbul Sari Aqua Cultur adalah pembudidayaan udang berskala menengah, yang terletak di desa Mumbul Sari Kabupaten Lombok Utara dengan luas lahan sekitar 11 hektar dan yang baru terpakai untuk budidaya udang seluas 7 hektar. Penghasilan untuk 60 ton per hektar sekali panen dalam 2-3 bulan.

Usaha budidaya udang MSA ini mempunyai kelompok binaan petani penambak udang kolam bundar antara lain; Tanjung busur 1 dan Tanjung busur 2 dengan anggota per kelompok 20 orang, perkolam bundar dikelola oleh 2 orang dengan jumlah kolam bundar per kelompok 10 kolam, satu kolam bundar bisa menghasilkan udang 70-80 kg dengan size 40. Sementara jumlah penambak udang kolam bundar di KLU ada sekitar 25 kelompok.

Para petani penambak udang sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah dalam penyediaan sarana prasarana pendukung sehingga pelaksanaan ekspor dapat dilakukan langsung dari lombok. Diharapkan Dinas Perindustrian dapat membantu penyediaan Cool Storage udang, sehingga bisa dilakukan pengelolaan persiapan ekspor udang langsung dari Lombok, hal ini dilakukan untuk membatu penerapan industrialisasi di kabupaten-kota.