BIMBINGAN TEKNIS DESAIN FASHION BERBASIS TENUN DAN BATIK SASAMBO

Dinas Perindustrian Provinsi NTB mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Desain Fashion Berbasis Tenun dan Batik Sasambo, pada tanggal 18-21 Juli 2019 di SAME Hotel. Desainer Roy Primanto, hadir sebagai narasumber dan mentor dalam kegiatan yang bertujuan untuk membekali para peserta. Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang Industri Kreatif, Bapak Drs. H. Muhtadi Hairi, M. Pd yang didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian yang juga mengisi materi pelatihan, Bapak Ir. Andi Pramaria M. Si dan Bapak Lalu Darmawan sebagai Narasumber.

Dalam penyampaian materi Bapak Ir. Andi Pramaria M. Si mengatakan bahwa Masyarakat NTB wajib berbangga karena memiliki warisan budaya dari leluhur berupa Kain tenun ikat dan batik Sasasmbo yang unik dan tidak ada di belahan dunia yang lain dan banyak diminati.  “Namun Bagaimana kain tenun ikat NTB ini bisa mendunia kalau hanya dijadikan sebagai Mahar, Pajangan Rumah atau Cindera Mata? dan  hanya d perjualbelikan dalam bentuk kain tutur Bapak Andi.“Nah itulah tugas para desainer Busana untuk membuat kain tenun ikat ini menjadi sesuatu yang berharga yang bisa dipakai dan digunakan. Bapak Andi juga berharap, akan menjadikan NTB menjadi salah satu pusat fashion muslim di Indonesia bahkan dunia.

Sekitar 20 peserta se-NTB cukup antusias mengikuti kegiatan ini, khususnya pada saat praktek menggambar desain mendesain busana.“Ini sesuatu yang baru bagi kami” ungkap peserta dari kabupaten Bima. “Biasanya kami menjahit saja mengikuti contoh busana dari majalah atau busana yang sudah ada, namun disini kami harus berkreasi mendesain busana karya kita sendiri”.

“Terimakasih kepada Dinas Perindustrian khususnya di Bidang Industri Kreatif yang sudah memfasilitasi