21 September 2020

Dinas Perindustrian NTB

Industri Bergerak | Ekonomi Meningkat | Masyarakat Sejahtera

Lawan Corona: STIP NTB Inisiasi Ruang Penyemprotan Disinfektan

Pandemi virus Corona atau yang lebih dikenal dengan nama Corona Virus Diseases 2019 (COVID-19) yang melanda seluruh dunia menimbulkan efek yang luar biasa massif. Hal ini ditandai dengan berbagai himbauan dan peringatan dari pihak-pihak yang berwenang untuk terus waspada terhadap penyebaran virus tersebut. Dampak yang ditimbulkan luar biasa besar, ssehingga diperlukan tindakan taktis dan komprenhensif dalam penanganan pandemi virus tersebut, khususnya di wilayah Provinsi NTB.

Berkaitan dengan hal tersebut, sebagai sebuah ikhtiar untuk secara bersama-sama melakukan penanganan terhadap pandemi virus tersebut di Provinsi NTB, Technopark STIP mencoba melakukan inovasi teknologi dalam hal pembuatan ruang penyemprotan disinfektan untuk masyarakat NTB dan sekitarnya. Ruang penyemprotan disinfektan ini akan dibangun sebanyak 100 unit dan disebar di 10 Kabupaten/ Kota di Provinsi NTB. Diharapkan ruang penyemprotan disinfektan ini dapat menjadi inspirasi bagi pihak lain untuk bersama-sama membangun model tersebut sebagai bentuk penanganan bersama oleh seluruh lapisan masyarakat di Provinsi NTB.

Model yang dibangun di Technopark STIP terbagi menjadi 2 model, (1) ruangan model berkabut (cloud modelling), dengan mekanisme dasar menempatkan kabut disinfektan dalam bilik untuk kemudian dilakukan pembersihan secara menyeluruh terhadap individu yang masuk ke dalam bilik penyemprotan. Model ini diniisiasi untuk ditempatkan di ruang-ruang publik dengan peluang keramaian tinggi seperti areal perkantoran, sekolah dan fasilitas umum lainnya, (2) ruangan penyemprotan basah (sprayer modelling), dengan mekanisme dasar individu yang ada dalam bilik disemprot dengan disinfektan yang telah dicairkan, model ini didesain untuk para petugas kesehatan, relawan dan pihak lain yang terlibat secara aktif dalam penanganan pandemi virus corona khususnya di Provinsi NTB.

Inisiasi yang dibangun oleh Technopark STIP NTB dengan dukungan penuh dari stakeholders di Provinsi NTB diharapkan dapat menjadi sebuah langkah bersama untuk melawan pandemi virus corona di Provinsi NTB. Pandemi ini tidak hanya bisa dilawan dengan menyerukan slogan, tidak juga hanya dengan rasa takut dan panik yang berlebihan, pun tidak dengan aksi-aksi yang tidak relevan, namun harus dilawan dengan optimisme dan semangat tinggi untuk bersama-sama melakukan aksi konkrit dan sederhana sebagaimana yang telah dilakukan oleh Tim Technopark STIP NTB. Semoga aksi kecil ini menjadi sumbangsih nyata dalam perjuangan besar ini. Amin.