WASPADAI BEREDARNYA MUTIARA PALSU

Primary tabs

Bagaimana Cara Mengetahui Ciri Mutiara Asli  dengan hanya Menyentuhnya?

Berikut ini cara mengetahui ciri ciri mutiara asli dengan cara melakukan tes sentuh :

 

1. TES GESEK MUTIARA PADA GIGI DEPAN ANDA

Pegang mutiara dengan ibu jari dan jari telunjuk anda. Gesek gesekkan perlahan dan tekan dengan pelan pada gigi depan anda,  Mutiara asli biasanya akan memiliki tekstur agak kasar atau berpasir dikarenakan permukaan yang tidak sempurna (seperti sisik kecil) di lapisan luarnya dari nacre. Mutiara palsu biasanya terbuat dari kaca atau plastic sehingga permukannya nyaris mulus sempurna, dan jika digesek ke gigi anda akan terasa sangat licin seperti menggesek gesek kaca pada gigi

 

2. GOSOK MUTIARA TERHADAP SATU SAMA LAIN

Pegang dua buah mutiara di jari-jari Anda dan dengan lembut gosok mereka terhadap satu sama lain, rasakan sensasi sedikit gesekan. Karena lapisan luar mutiara asli tidaklah halus sempurna maka saat di gesek akan terasa sensasi gesekan pasir halus, Sedangkan mutiara palsu akan terasa bergesek mulus seperti menggesekkan dua buah kelereng dari kaca yang mulus. Pada mutiara asli kadang kala sebagian nacre bisa rusak jika saat di gesek ini, oleh karena itu berhati hatilah saat menggeseknya.

 

3. LIHAT BENTUK MUTIARA ITU, APAKAH BULAT SEMPURNA?

Karena mutiara asli adalah bikinan alam, maka adalah sangat umum mutiara tidak memiliki bentuk bulat sempurna, kebanyakan mereka berbentuk semi bulat atau bahkan lonjong, dan memiliki sedikit cacat yang minor. Waspadalah pada mutiara yang seragam bulat sempurna semuanya, karena sangat mungkin itu mutiara imitasi atau mutiara buatan (seperti bulat tasbih yang seragam dibuat oleh pabrik).

 

Mutiara asli mungkin saja dijumpai dalam bulat sempurna, tetapi hal ini jarang dapat ditemui, dan biasanya harganya akan sangatlah tinggi. Tidak yakin apakah mutiara bulat sempurna atau tidak? Coba teliti bergulir pada permukaan yang datar. mutiara tidak sempurna tidak akan konsisten bergulir dalam garis lurus.

 

4. RASAKAN KESEJUKAN MUTIARA KETIKA DISENTUH

Untuk tes ini, Anda memerlukan beberapa mutiara yang telah tersimpan (bukan yang telah anda pakai), Pegang mutiara di tangan Anda dan berkonsentrasilah pada mutiara saat bersentuhan dengan kulit Anda. Mutiara asli akan merasa terasa dingin selama beberapa detik sebelum mutiara itu naik suhunya . Perasaan ini mirip dengan apa yang Anda dapatkan dari melangkah tanpa alas kaki ke lantai marmer. Mutiara plastik atau mutiara palsu berkecenderungan akan segera hangat menuju suhu kamar.

 

5. RASAKAN BERAT MUTIARA DITANGAN ANDA

Timang timang mutiara tersebut, bobot mutiara asli biasanya agak terasa berat, sedangkan mutiara palsu (mutiara terutama plastik) akan lebih ringan rasanya dan memiliki cahaya bernuansa substansial. Untuk hasil terbaik, Selalu kombinasikan dengan test lain selain test berat mutiara ini.

 

Legalitas dan Sertifikat barang merupakan hal yang paling penting dalam membeli suatu produk. Untuk sertifikat, tidak banyak toko yang menjual mutiara tidak dengan sertifikatnya instansi/badan yang berwenang karena sertifikat itu JUSTRU tidak menjamin keaslian suatu mutiara. Just info, sertifikat itu mudah dibuat oleh siapa saja, banyak percetakan yang buka jasa pembuatan sertifikat so jangan terlalu percaya dengan sertifikat. Lagipula tidak ada perpu/permen yang mengharuskan penjualan mutiara dengan surat dari pemerintah. Kalaupun ada surat resmi dari badan/instansi berwenang, dalam sertifikat itu tidak merekomendasikan atau menerangkan bahwa mutiara itu asli. Dan untuk menerangkan keaslian emas dan mutiaranya nya toko perhiasan akan memberikan surat resmi toko, pada surat itu lengkap dengan keterangannya seperti berapa kadar dan beratnya. Dan surat resmi/nota itu bsa dipertanggungjawabkan sebagai tanda bukti apabila barang tidak sesuai keterangannya.

 

Telitilah sebelum membeli ! Semoga Bermanfaat