Error message

Deprecated function: The each() function is deprecated. This message will be suppressed on further calls in menu_set_active_trail() (line 2405 of /var/www/vhosts/disperin.ntbprov.go.id/httpdocs/includes/menu.inc).

STIP Lakukan Review Kurikulum untuk Program Inkubasi Bisnis Tahun 2020

Primary tabs

 

Sebagai salah satu entitas Pemerintah Provinsi NTB yang mendorong terbentuknya wirausaha baru berbasis pengolahan komoditas unggulan dengan menggunakan permesinan, Technopark STIP Dinas Perindustrian Provinsi NTB menyelenggarakan Program Inkubasi Bisnis Tahun 2020. Program ini merupakan salah satu program unggulan Technopark STIP sebagai derivasi upaya untuk memicu tumbuh kembangnya program industrialisasi yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi NTB Tahun 2019–2023.

Program Inkubasi Bisnis Tahun 2020 akan diikuti oleh 50 (lima puluh) orang peserta dari berbagai lapisan masyarakat dengan konsentrasi peserta generasi milenial yang akan dididik menjadi calon wirausaha muda di sektor pengolahan komoditas dan permesinan. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 tahun (24 bulan) meliputi tahun pertama dengan agenda kegiatan pemaparan materi dari narasumber yang kompeten di bidangnya meliputi sejumlah praktisi IKM Sukses di NTB, professional marketing dan praktisi bisnis dari sejumlah Lembaga Pendidikan Bisnis di Provinsi NTB, kemudian dilanjutkan di tahun kedua dengan agenda business process dengan melibatkan peserta program inkubasi bisnis menjadi calon wirausaha dengan memberikan fasilitas tempat usaha dan penggunaan peralatan dan mesin pengolahan berbasis usaha di dalam kawasan Technopark STIP Provinsi NTB.

Untuk menyempurnakan pelaksanaan program inkubasi bisnis tahun 2020, dari tim Technopark STIP Dinas Perindustrian Provinsi NTB telah berinisiatif menyusun Kurikulum Porgram Inkubasi Bisnis Tahun 2020 sebagai dasar penyusunan modul dan bahan ajar dari narasumber sebagaimana dimaksud di atas. Untuk mendukung penyempurnaan kurikulum yang telah disusun, dilakukan review bersama antara Tim Technopark STIP Dinas Perindustrian Provinsi NTB dengan tim narasumber yang terdiri dari SINDO, GENPRO dan perwakilan praktisi IKM Sukses NTB.

 

 

 

Review kurikulum Program Inkubasi Bisnis Tahun 2020 dititikberatkan pada beberapa hal sebagai berikut :

1.    Memperbanyak jumlah jam pelajaran materi Character Building untuk memperkuat mental wirausaha dari peserta Program Inkubasi Bisnis Tahun 2020.

2.    Memberikan target capaian kinerja yang terukur kepada para peserta pada saat melakukan aktifitas magang industri berupa keluaran (output) dan hasil (outcome) yang jelas untuk dapat disinergikan dalam konsep rencana bisnis yang akan dibangun oleh masing-masing peserta program inkubasi bisnis tahun 2020.

3. Memberikan pembekalan dan pengarahan kepada seluruh peserta sebelum magang industri dilakukan untuk memperkuat pemahaman peserta akan tujuan dilaksanakannya magang industri.

4.  Membagi pesera ke dalam beberapa kelompok usaha untuk merancang aksi bersama dalam rangka pembentukan core business wirausaha yang akan dibangun kedepanntya.

5.    Memberikan sarana stimulant permesinan yang sesuai dengan rencana aksi bisnis masing-masing kelompok dalam program inkubasi bisnis tahun 2020.

6.    Memberikan hak istimewa kepada para peserta program inkubasi bisnis tahun 2020 untuk mendapatkan pendampingan dalam hal pengurusan izin dan legalitas usaha serta akses untuk mendapatkan permodalan ke Lembaga pembiayaan dan perbankan.

7.    Untuk memperkuat konsep wirausaha yang akan diinisiasi oleh masing-masing peserta, materi Business Plan akan disampaikan oleh narasumber yang kompeten dibidangnya pada tahap pertama sehingga para peserta dapat mempunyai gambaran dalam merancang konsep business plan yang akan dibangun kedepan.

Hasil review kurikulum Program Inkubasi Bisnis Tahun 2020 ini nantinya akan diimplementasikan dan disahkan menjadi Kurikulum Resmi Program Inkubasi Bisnis Tahun 2020 sehingga dapat memberikan panduan bagi seluruh pihak terkait dalam proses edukasi dan advokasi program inkubasi bisnis tahun 2020 agar dapat memberikan hasil sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.