Plt Kadis Perindustrian Kunjungi UKM-UKM di Sumbawa

Primary tabs

Plt Kepala Dinas Perindustrian Nuryanti Tadjuddin SE., ME didampingi beberapa stafnya melakukan kunjungan UKM ke Sumbawa pada hari Jumat 15 November 2019. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui bagaimana perkembangan UKM-UKM di NTB khususnya UKM yang menjadi binaan Dinas Perindustrian. UKM-UKM tersebut berlokasi di kecamatan Alas Barat, Kabupaten Sumbawa.

 

Ada beberapa UKM yang dikunjungi Plt Kadis Disperin atau yang biasa disapa Ibu Yanti, yaitu UKM yang memproduksi kue kering dari olahan kacang, UKM yang memproduksi burung walet UKM yang memproduksi dodol dari rumput laut, dan UKM yang memproduksi snack jagung atau disebut jagung marning.

Ibu Yanti mengapresiasi UKM-UKM yang ada tersebut khususnya UKM jagung marning karena sudah memiliki rumah produksi, alat-alat produksi, dan hasil produksi yang sudah lumayan banyak dan lancar. Tantangan terbesar adalah kesiapan untuk memproduksi lebih banyak ketika ada permintaan pasar yang lebih besar.

“Snack jagung ini memiliki potensi besar untuk terus berkembang, baik untuk dipasarkan di dalam maupun luar Sumbawa. Terutama ketika sirkuit MotoGP sudah mulai beroperasi. Pasarnya akan semakin luas apabila,” ungkap Plt Kadis Perindustrian.

Selain itu, beliau juga mendorong para pelaku UKM ini, yang notabenenye adalah industri rumahan untuk tetap melakukan produksi dan terus mengembangkan produk-produknya dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Dinas Perindustrian seperti pengurusan merek, dan kehalalan.

 

Comments

GregoryOmicS's picture

GregoryOmicS's picture

Pages