Pengolahan Kakao di Kabupaten Lombok Utara

Primary tabs

Pelatihan Pengolahan Kakao di Kabupaten Lombok Utara, dilaksanakan selama 3 (tiga) hari tgl 14 s.d 16 November 2019 bertempat di Hotel Sunset Spring Beach Retreat Jalan Tanjung Bayan Papak Genggelang Gangga Kabupaten Lombok Utara. Pembukaan Pelatihan Pengolahan Kakao di Kabupaten Lombok Utara bagi IKM Se Provinsi NTB dibuka olh Plt Kadis Perindustrian, yg dalam hal ini diwakili oleh Kabid Industri Agro. Peserta pelatihan yaitu 20 (dua puluh) orang IKM pengolah Kakao. 

Maksud dilaksanakannya pelatihan pengolahan Kakao adalah untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan IKM dalam mengolah kakao yang berkualitas.  Sedangkan tujuan dari pelaksanaan pelatihan pengolahan Kakao bagi IKM adalah untuk:

1. Meningkatkan kompetensi IKM dalam mengolah Kakao yang terstandarisasi.

2. Meningkatkan keterampilan IKM dalam Proses Fermentasi Biji Kakao.

3. Meningkatkan kreatifitas IKM dalam berbagai Jenis Olahan Kakao.

4. Meningkatkan kreatifitas IKM dalam membuat desain dan kemasan produk olahan Kakao.

 

Hasil yang diharapkan:

○ Menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengembangkan olahan Kakao serta meningkatkan kualitas produk sehingga mampu menghasilkan nilai tambah (value added).

○ Dapat menjadikan olahan Kakao menjadi produk unggulan daerah dan menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi serta meningkatkan kesempatan kerja dan peluang usaha.

○ Terwujudnya pengusaha IKM yang memiliki keterampilan dan kemampuan dalam memproduksi olahan Kakao.

○ Termotivasinya IKM Kakao untuk mengembangkan beraneka ragam hasil produksi olahan dalam kemasan yang diinginkan pasar.

○ Meningkatkan kualitas, kuantitas dan kontinuitas produk olahan Kakao serta pemasaran hasil produksi yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

 

 

#DinasPerindustrianProvNTB #PelatihanIndustriAgro #PelatihanPengolahanKakao