PEMBINAAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH “NUSA INDAH” DI DESA KARANG BAYAN, KECAMATAN LINGSAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT

Primary tabs

Kegiatan pembinaan dilaksanakan pada Rabu, 4 Oktober 2017. Nusa Indah yang dikomandoi oleh Bapak Widi memiliki 15 pengepul dengan tenaga kerja sebanyak kurang lebih 300an orang yang tersebar di Kecamatan Lingsar. Bahan baku berupa tumbuhan ketak berasal dari hutan di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa, Bima bahkan dari Provinsi NTT. Produk yang dihasilkan berupa tas tangan wanita, tempat minuman, tempat sendok-garpu, tempat roti, tempat tisu, tempat permen, dan lain-lain. Proses mulai dari pembelahan batang ketak, penganyaman, pengeleman, pengeringan sampai dengan finishing kurang lebih memakan waktu 1 minggu.
Produk dipasarkan di dalam daerah, luar daerah (pulau Bali), luar negeri seperti Jepang, Cina, Korea Selatan, Turki, bahkan Belanda. Jenis produk seperti tempat sendok-garpu dan tempat roti memiliki pasar khusus di negara Jepang dengan pengiriman rutin 3 sampai 4 kali dalam setahun melalui Surabaya.
Untuk selanjutnya diperlukan penguatan merek agar kerajinan anyaman ketak ini dapat bersaing di pasar nasional maupun internasional; pelestarian bahan baku ketak di hutan-hutan lokal; pengembangan desain produk, dan controlling terhadap kualitas produk.

Unit Kerja: