MENSINERGIKAN PERAN PARA PIHAK GUNA MENSUKSESKAN INDUSTRIALISASI KOMODITI KOPI DI PROVINSI NTB SERTA MENJALIN KEMITRAAN IKM DENGAN OFFTAKER MAUPUN SEKTOR HULU

Primary tabs

 

Nusa Tenggara Barat memiliki Komoditas Unggulan Perkebunan, salah satunya Kopi. Kopi yang tumbuh dan berkembang diantaranya Jenis Kopi ArabicaKopi Robusta dan Liberica. Untuk  Kopi Arabica memiliki Citra Rasa Specialty  terdapat di lereng Gunung Rinjani Kabupaten Lombok Timur  dan di Tepal Kabupaten Sumbawa, untuk Jenis Kopi Robusta terdapat di hampir semua kabupaten di seluruh Nusa Tenggara Barat seperti, Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara, Dompu   dan   Kabupaten   Bima, Sedangkan Jenis Kopi Liberica yang asli dari Gunung Tambora, NTB.

Dalam upaya untuk meningkatkan produksi kopi di NTB, Dinas perindustrian bersinergi bersama Bank Indonesia (BI), Bank NTB, Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provins NTB, BPMPD Mataram, dan praktisi Kopi Dody Ari Wibowo di Lombok Barat. Diperlukan usaha yang sungguh-sungguh untuk tahun 2020  akan lebih fokus pendampingan, pengelolaan,  serta perbaikan mutu kopi NTB mulai dari hulunya. Upaya lainnya dalam waktu dekat diadakan kegiatan pelatihan IKM KOPI Se-NTB untuk Proses Standarisasi  Pengolahan Kopi. Selanjutnya yang harus dilakukan produsen kopi dalam merebut pasar yang lebih luas diharapkan para pengusaha mampu menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan telah terstandardisasi  secara kontinyu dan harga yang terjangkau.

Semoga dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini, kedepannya dapat menggaungkan komoditas unggulan yang memiliki kearifan lokal di Provinsi NTB.