Error message

Deprecated function: The each() function is deprecated. This message will be suppressed on further calls in menu_set_active_trail() (line 2405 of /var/www/vhosts/disperin.ntbprov.go.id/httpdocs/includes/menu.inc).

Manfaatkan Kearifan Lokal, Diskoperindag KLU Gelar Pelatihan Pengolahan Ikan

Primary tabs

 

Bertempat di Aula KUD Tanjung Desa Jenggala Muhajirin Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara, pelatihan pengolahan ikan dilakukan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran dan produktifitas industri kecil menengah dengan memanfaatkan kearifan lokal setempat yakni ikan. Seperti yang kita ketahui, Tanjung merupakan salah satu penghasil ikan di Lombok Utara.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Koperasi UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Lombok Utara pada tanggal 18-21 Februari 2020 dengan jumlah peserta 30 orang. Dra Hafsah, selaku instruktur kegiatan pengolahan yang merupakan tenaga fungsional Dinas Perindustrian Provinsi NTB ini berharap ke depannya produk-produk olahan yang telah dihasilkan bisa menjadi produk khas KLU dan bisa menjadi produk oleh-oleh yang bisa dibawa dan dinikmati wisatawan luar.

 

Ada beberapa olahan ikan yang dibuat pada saat kegiatan tersebut dilaksanakan, di antaranya nugget ikan, abon ikan, bakso, dan kerupuk ikan. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini, dan mengaku sangat senang, pasalnya selama ini, masih sangat jarang pemanfaatan ikan dalam bentuk olahan. Ke depannya, mereka berharap agar ada pembinaan yang berkesinambungan dari pemerintah terkait pendampingan pengolahan dan pengelolalan olahan ikan di KLU, baik dari tinhkat produksi sampai pemasaran.