Error message

Deprecated function: The each() function is deprecated. This message will be suppressed on further calls in menu_set_active_trail() (line 2405 of /var/www/vhosts/disperin.ntbprov.go.id/httpdocs/includes/menu.inc).

Laksanakan Program Inkubasi Bisnis Tahun 2020, Technopark STIP Susun Bahan Ajar

Primary tabs

  

Dalam mendorong pencapaian target program unggulan Inkubasi Bisnis pada Technopark STIP NTB Tahun 2020, telah diselenggarakan pertemuan dengan tim penyusun Materi/ Bahan Ajar dalam program sebagaimana dimaksud. Penyusunan materi/ bahan ajar ini disusun oleh tim yang memiliki kompetensi dibidangnya sehingga diharapkan dapat memberikan nilai tambah kepada seluruh peserta program Inkubasi Bisnis STIP 2020 dalam menjalani proses sebagaimana mestinya.

Susunan materi yang akan disusun disesuaikan dengan masing-masing modul yang telah ditetapkan dalam kurikulum Program Inkubasi Bisnis 2020 dengan tim penyusun yang telah disepakati sebagai berikut :

 

1.    Modul 1: Character Building, disusun oleh Tarmizi dan  M. Eri  Harsana dari SINDO, dengan materi pokok meliputi :

-          Pelatihan Team Character Building

-          Change Your Mind

-          Cara Pikir Orang Sukses

-          Komunikasi efektif

-          Manajemen Diri

 

2.    Modul 2: Business Plan 1, disusun oleh Nova Aman Ariadi dan Bapak Rahmat Mustakim, A.Ma dari GENPRO, dengan materi pokok meliputi :

-          Perencanaan Bisnis

-          Analisa Resiko Bisnis

-          Analisa Pasar

-          Strategi Pemasaran Bisnis

-          Networking (Kemitraan)

-          Teknik Pemasaran Digital Online

-          Manajemen dan Negosiasi

-          Cara Pemasaran atau Dropship di Media Online

 

3.    Modul 3: Succes Story 25 IKM NTB, dengan materi pokok perjalanan 25 IKM NTB memulai dan mengembangan sistem wirausaha di bidang masing-masing.   

 

4.    Modul 4: Pengetahuan Dasar Industri Mesin Dan Pengolahan, disusun oleh Nazar Susan,ST dan Harmain, S.Pd dari ASPEL, Irwan Aditya M.Eng dari SMKN 1 Lingsar, dengan materi pokok meliputi :

-          Manajemen Sistem Teknik Olahan dan Permesinan

-          Pohon Produksi Olahan

-          Pengetahuan Material dan Bahan olahan

 

5.      Modul 5: Legalitas Usaha, disusun oleh Nova Aman Ariadi dan Bapak Rahmat Mustakim, A.Ma dari GENPRO, dengan materi pokok :

-          Legalitas Usaha dan Perusahaan

-          Menyusun Sop Bisnis

 

 

6.      Modul 6: Business Plan 2, disusun oleh Nova Aman Ariadi dan Bapak Rahmat Mustakim, A.Ma dari GENPRO, Askar Daeng Kamis CEO BANDAR SAMBAL, Agus Sutrisno CEO Jamur Lombok, Aisyah Odist CEO Bank Sampah NTBM, dengan materi pokok :

-          Selling Skill

-          Etika Bisnis

-          Pengelolaan Tenaga Kerja

-          Manajemen Keuangan dan Perpajakan

-          Pengembangan Usaha

-          Pengelolaan dan Pengorganisasian Bisnis

-          Analisa Laporan Keuangan

 

7.      Modul 7:  Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah, disusun oleh Nova Aman Ariadi dan Rahmat Mustakim, A.Ma dari GENPRO, dengan materi pokok meliputi :

-          Sistem Pengadaan Secara Elektronik (LPSE)

-          E-Tender Cepat

-          Admin Agensi

-          Pengelolaan Dokumen Pengadaan

-          Etika Pengadaan

Materi-materi tersebut nantinya akan menjadi panduan ajar dalam pelaksanaan program Inkubasi Bisnis Technopark STIP 2020 yang akan diselenggarakan pada akhir Maret 2020. Diharapkan dari materi yang disampaikan, akan dapat dipahami dengan baik oleh seluruh peserta program, sehingga dapat memberikan dukungan teori dan motivasi untuk menjadi seorang wirausaha baru di sektor manufaktur di Provinsi NTB.