KUNJUNGAN KE IKM SASAK MAIQ DI KECAMATAN BATULAYAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT

Kepala Dinas Perindustrian, Bapak Andi Pramaria mendampingi kunjungan kerja Ketua Dekranasda NTB, Ibu Niken S. Zulkieflimansyah, M.Si bersama dengan Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB pada Kamis, 17 Januari 2019.

Kunjungan diterima oleh Ibu Suryani selaku pimpinan kelompok usaha yang didampingi suami dan beberapa karyawannya. Dalam suasana santai, ditemani hangatnya kopi rumput laut dan cemilan-cemilan berbahan dasar rumput laut, obrolan mengalir tentang perkembangan usaha pasca gempa beberapa bulan yang lalu. Ibu Niken S. Zulkieflimansyah dalam kesempatan ini menyampaikan tentang apresiasinya terhadap IKM Sasak Maiq yang mampu merekrut tenaga kerja di sekitar kediamannya dan sudah memiliki sampai 20 plasma. Hal  ini menandakan bahwa home industry mampu menyerap tenaga kerja dan menjadi salah satu upaya pengentasan kemiskinan. 

Kendala yang dihadapi oleh IKM yang produknya sudah merambah sampai Belgia ini adalah pada kemasan/packaging. "Untuk mampu bersaing dengan produk-produk serupa dari luar NTB khususnya tortila, kami harus mampu mengganti kemasan yang ada sekarang, dengan kemasan seperti Chitato", ungkap Ibu Suryani. Karena kemasan produk yang sekarang dinilai kurang mampu menarik minat pembeli padahal dari segi citarasa tidak kalah enak. Lebih lanjut disampaikan bahwa kemasan yang diproduksi oleh Balai Kemasan Produk Daerah, UPTD milik Dinas Perindustrian Provinsi NTB, belum sepenuhnya mampu mensupport produk ikm miliknya. Hal ini lebih dikarenakan kendala teknis, yaitu keberadaan mesin yang terbatas.

Menanggapi hal ini, Ibu Niken menyampaikan bahwa permasalahan/kendala antara IKM satu dengan lainnya tidak jauh berbeda. Oleh karena itu, beliau meminta kepada Kepala Dinas Perindustrian untuk memprioritaskan optimalisasi pengelolaan Balai Kemasan, karena keberadaannya yang sangat strategis untuk melayani kebutuhan IKM di Provinsi NTB. Selain itu juga agar dapat memperhatikan kebutuhan IKM terkait dengan peralatan produksi. Terkait dengan kemajuan IKM NTB secara umum, Ibu Niken menekankan tentang sinergitas program antara Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi&UMKM.Sebagai penutup arahannya, Ibu Niken menyampaikan bahwa sekitar akhir bulan Februari 2019 Dekranasda Provinsi NTB akan mempromosikan produk-produk IKM, dimana salah satunya produk dari IKM Sasak Maik. Terkait dengan rencana ini, diharapkan agar IKM Sasak Maik dapat mempersiapkan produknya pada waktu yang telah ditetapkan.

Menyikapi usulan dari IKM Sasak Maik dan arahan dari Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Kepala Dinas Perindustrian menyatakan akan segera melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait dengan hal dimaksud.