KOORDINASI & KONSULTASI PLUT KUMKM NTB DENGAN DINAS PERINDUSTRIAN PROVINSI NTB TERKAIT PENGEMBANGAN UMKM NTB

Peran UMKM dalam mendorong pembangunan ekonomi tidak diragukan lagi. "Selain menggerakkan roda perekonomian, UMKM juga terbukti menyerap banyak tenaga kerja. Terkait hal tersebut, Dinas Perindustrian Provinsi NTB secara konsisten terus berupaya memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan UMKM di Provinsi NTB, salah satunya dalam hal koordinasi dan & berkonsultasi dengan menggelar Forum Silaturahmi Dinas Perindustrian Provinsi NTB Bersama PLUT UMKM di Provinsi NTB.

Hasil koordinasi & konsultasi Terbaik dalam pengembangan UMKM : 1.Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) diminta untuk membuat peta peluang pasar dalam maupun luar terutama IKM yang sudah memiliki sertifikasi Halal, Keamanan Pangan, Merek, dll. 2.Merapikan      Data IKM / UKM terkait IKM hulu & pengolahan. 3.Prioritas Utama PLUT adalah HKI (merek). 4.Membuat TOT di setiap Kabupaten/Kota terkait perijinan & system OSS. 5.Penyamaan pembuatan SOP alur PIRT karena setiap kabupaten berbeda & menjadikan Lombok Barat sebagai acuan. 6.Pembinaan Berkelanjutan dari bimtek yang telah di berikan berkelanjutan.

Acara ini merupakan salah satu upaya Dinas Perindustrian untuk memberikan jawaban atas permasalah-permasalahan yang dihadapi oleh UMKM melalui fasilitas bantuan sarana produksi kepada UMKM sebagai salah satu program unggulannya.