Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /var/www/vhosts/disperin.ntbprov.go.id/httpdocs/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Ketua Dekranasda NTB: Fashion Muslim dalam Kerangka Industrialisasi NTB

Primary tabs

Dalam mendorong percepatan pencapaian industrialisasi di Provinsi NTB, diselenggarakan Rapat Koordinasi (RAKOR) Perindustrian Provinsi NTB yang dihadiri oleh seluruh pejabat struktural dan fungsional lingkup Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Dinas Perindustrian Kabupaten/Kota di Provinsi NTB, dan OPD lainnya selaku mitra kerja Dinas Perindustrian Provinsi NTB. Dalam kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 20 Desember 2019 di Hotel Lombok Raya tersebut, dihadirkan juga Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Provinsi NTB dan DEKRANASDA lingkup Kabupaten/ Kota se-Provinsi NTB. Hal ini dimaksudkan karena salah salah satu tema RAKOR Perindustrian kali ini adalah membahas tentang kedudukan fashion muslim dalam kerangka industrialisasi di Provinsi NTB.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Provinsi NTB menyampaikan harapan tentang NTB menjadi pusat fashion muslim. “Brand wisata halal yang disematkan kepada NTB menjadi peluang besar menjadikan NTB menuju pusat fashion muslim,” ungkap Ibu Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE. M.Sc, selaku ketua DEKRANASDA NTB. Beliau juga menambahkan bahwa fungsi dari Dekranasda yaitu melestarikan dan mendukung budaya lokal. “Maka dengan momen fashion muslim ini, kita bisa melestarikan dan mengembangkan tenun sebagai potensi lokal menjadi produk yang go international,” tambah beliau.

Dalam kesempatan Rakor Perindustrian ini, disampaikan pula beberapa permasalahan terkait dengan pengembangan fashion muslim dari beberapa stakeholder DEKRANASDA Kabupaten / Kota lingkup Provinsi NTB, diantaranya adalah ketersediaan bahan baku benang untuk pengembangan fashion yang masih harus didatangkan dari luar NTB. Hal ini tentunya menjadi tantangan bersama dalam kerangka industrialisasi di Provinsi NTB untuk menghadirkan teknologi permesinan pembuatan pemintalan benang sebagai bahan baku industri fashion khususnya fashion muslim di Provinsi NTB. Kedepannya diharapkan mesin pemintal benang ini dapat dibuat di Provinsi NTB sebagai bentuk dukungan nyata dalam mendukung industrialisasi fashion muslim di Provinsi NTB.