Error message

Deprecated function: The each() function is deprecated. This message will be suppressed on further calls in menu_set_active_trail() (line 2405 of /var/www/vhosts/disperin.ntbprov.go.id/httpdocs/includes/menu.inc).

Inisiasi Kerjasama Lingkar Tecnopark STIP dengan Kepala Desa Lelede Lombok Barat

Primary tabs

 

 

Sebagai sebuah kawasan yang mengedepankan fungsi sebagai Technopark di Provinsi NTB, STIP NTB mengagagas ruang kemitraan dengan berbagai pihak di lingkar wilayah Technopark STIP Provinsi NTB. Salah satu mitra yang akan didorong untuk mulai membangun kerjasama dengan Technopark STIP adalah Pemerintah Desa Lelede Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Secara administratif, Desa Lelede terdiri dari 6 dusun, yaitu Dusun Lelede Dese, Dusun Selaparang, Dusun Lelede Dasan, Dusun Kebon Daye, dan Dusun Dasan Bawak. Kawasan Technopark STIP yang secara kewilayahan menempati wilayah administratif Dusun Lelede Desa Desa Lelede memiliki kewajiban moral untuk membangun kemitraan dan ruang- ruang kerjasama dengan Pemerintah Desa Lelede selaku pemangku wilayah tersebut.

Bentuk kemitraan dan kerjasama yang akan diinisiasi merupakan kolaborasi antara fungsi dan program Technopark STIP dengan tugas dan fungsi Pemerintah Desa Lelede. Salah satu bentuk gagasan ruang kerjasama yang dibangun adalah keterlibatan masyarakat Desa Lelede sebagai desa lingkar Technopark STIP adalah melibatkan pemuda-pemudi Desa Lelede untuk terlibat secara aktif dalam Program Inkubasi Bisnis STIP Tahun 2020. Bentuk kemitraan dan kerjasama lain yang muncul dalam diskusi dan pertemuan yang juga dihadiri oleh tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh agama tersebut adalah memberikan ruang yang seluas-luasnya untuk menampilkan potensi desa khususnya berbasis produk industri mikro dan kecil untuk ditampilkan pada outlet showroom IKM yang telah disiapkan oleh Technopark STIP.

 

Dalam paparannya tentang Rencana Pengembangan Desa Lelede, disampaikan juga oleh Kepala Desa Lelede bahwa Pemerintah Desa Lelede akan membangun arena wisata air dan taman bermain di pinggir jalur By Pass yang berbatasan langsung dengan kawasan Technopark STIP NTB. Diharapkan ke depannya konsep wisata air dan taman bermain ini dapat bersinergi secara kolaboratif dengan salah satu program unggulan STIP yaitu edukasi dan wisata sains serta bentuk ruang-ruang kerjasama lain yang dapat memberikan dukungan dalam pengembangan areal wisata sebagaimana dimaksud. Pembangunan lokasi wisata air dapat disinergikan dengan Taman Pintar Eduwisata Technopark STIP menjadi salah satu paket wisata yang memiliki nilai jual tinggi dan memberikan warna yang berbeda dalam pengembangan wisata air khususnya di Kabupaten Lombok Barat.

Isu mengenai permasalahan sampah desa dalam koridor mendukung Zero Waste pun tidak luput menjadi pokok bahasan yang hangat dalam pertemuan tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, pihak Technopark STIP membuka ruang untuk proses pengolahan sampah menjadi pakan ternak dan briket bahan bakar untuk dijual secara komersial melalui mesin pengolahan sampah terpadu yang menjadi salah satu asset Technopark STIP. Kedepannya seluruh ide dan gagasan konsktruktif yang muncul dalam pertemuan tersebut akan ditindaklanjuti oleh Tim Technopark STIP sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Harapannya, seluruh runag kerjasama dan kemitraan yang telah diinisiasi tersebut dapat menjadi awal yang baik untuk pemberdayaan masyarakat lingkar Technopark STIP.