Error message

Deprecated function: The each() function is deprecated. This message will be suppressed on further calls in menu_set_active_trail() (line 2405 of /var/www/vhosts/disperin.ntbprov.go.id/httpdocs/includes/menu.inc).

Hari Kopi Nasional, Dinas Perindustrian NTB Fokus pada Industrialisasi Kopi

Primary tabs

 

Hari Kopi Nasional resmi diperingati setiap tanggal 11 Maret. Dalam rangka Hari Kopi Nasional ke-2 tahun 2020, Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) bersama dengan Kementrian Pertanian dan Badan Standardisasi Nasional (BSN) serta para stakeholders kopi mengadakan serangkaian Acara Hari Kopi Nasional 2020 di Auditorium Gd. F Kementrian Pertanian, Jl Harsono RM No. 3, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada tanggal 8 dan 11 Maret 2020.

Kegiatan tersebut merupakan momentum untuk menggalakkan usaha di bidang perkopian dan untuk lebih mencintai kopi nusantara.

Dalam kegiatan tersebut, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo sekaligus melakukan penandatangan MoU antara Dekopi dengan Stakeholders, membuka peluncuran KUR untuk usaha kopi dan integrasinya, melaunching Ekspedisi Kopi Nusantara, dan melakukan kegiatan Ngopi Bareng Kopi ber SNI.

Beliau menyampaikan bahwa Hari Kopi Nasional harus menjadi menjadi ajang konsolidasi nasional menghadapi isu dunia, virus Corona. “Tantangan dunia termasuk Indonesia hari ini adalah virus Corona. Bagaimana virus ini mampu mengintervensi hampir seluruh sektor kehidupan. Men-delay berbagai aktivitas usaha dunia,” ungkap beliau.

Beliau juga menyampaikan bahwa kopi Indonesia memiliki keunggulan dibandingkan dengan kopi-kopi dari negara lainnya, terutama kopi jenis arabika yang bahkan telah diklaim sebagai kopi specialty. Tentunya hal ini merupakan poin tambahan bagi citra kopi Indonesia di kancah dunia yang harus tetap dijaga dan dipromosikan dengan lebih intensif.

 

Anton Apriyantono selaku Ketua Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) mengharapkan  bahwa peringatan Hari Kopi Nasional 2020 merupakan momentum menumbuhkan semangat baru untuk bersatu dan memperkuat sinergi pembangunan kopi nasional agar kopi Indonesia menjadi kopi yang unggul di dunia internasional. Dalam kegiatan tersebut, perwakilan peserta dari Dinas Perindustrian Provinsi NTB memberikan masukan penting terkait upaya mengenalkan kopi asal NTB yaitu perlunya upaya yang lebih terarah & terencana. Kopi asal NTB harus banyak dipromosikan dalam berbagai event baik itu yg sifatnya mengikuti ajang perlombaan kopi, maupun ajang pameran, serta festival-festival kopi yg dilaksanakan di dalam daerah, nasional maupun internasional. Selain itu, kopi NTB harus memiliki standar yg baik dan harus bisa memiliki standar nasional Indonesia sehingga bisa bersaing dengan kopi-kopi yang lebih dahulu terkenal hingga ke mancanegara. Dengan kerja keras bersama lintas sector, harapannya kopi NTB dapat menjadi tuan rumah di daerahnya sekaligus dapat menjadi komoditi & produk olahan yg dikenal secara nasional & internasional.

Dalam konteks sinkronisasi kegiatan tersebut, Dinas Perindustrian Provinsi NTB tahun 2020 akan melakukan inisiasi industrialisasi kopi melalui Workshop IKM Kopi yang diselenggarakan untuk membangun jejaring para pelaku usaha kopi di NTB dan menyusun sebuah rencana aksi pengembangan kopi di NTB yang akan menjadi panduan bagi seluruh OPD terkait untuk secara bersama-sama melakukan aksi bersama dalam rangka pengembangan kopi sebagai salah komoditas unggulan di Provinsi NTB.