Error message

Notice: Undefined offset: 1 in counter_get_browser() (line 70 of /var/www/vhosts/disperin.ntbprov.go.id/httpdocs/sites/all/modules/counter/counter.lib.inc).

Gubernur NTB Dorong Industrialisasi di Pulau Sumbawa

Primary tabs

 

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB Nuryanti, SE., ME mendampingi Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah dalam melakukan kunjungan kerja ke Pulau Sumbawa pada Sabtu-Minggu, 11-12 Januari 2020.

Ada beberapa agenda yang dilakukan dalam kunjungan kerja tersebut yaitu:

1. Groundbreaking Hotel Santika Bima di Kalaki

2. Launching NTB Hijau dilanjutkan dengan penanaman kemiri dan pohon kayu putih di Parado

3. Penanaman Mangrove dan Kelor serta penyerahan bantuan mesin sekaligus Launching Desa Wisata Malaju dan Lasi di Kilo, Dompu

4.  Kunjungan ke masyarakat pelaku industri ayam ras

5. Menghadiri pertandingan pacuan kuda di Penyaring, Moyo Utara

Pada momen peletakan batu pertama pembangunan Hotel Santika Bima di Kalaki, Desa Belo, Kecamatan Palibelo, Kota Bima, Gubernur NTB berharap hal tersebut bisa menjadi daya tarik bagi investor untuk berinvestasi di Kota Bima, sebab industrialisasi itu adalah keniscayaan. “Tidak mungkin suatu daerah mencicipi kemakmuran, kesejahteraan dengan pertanian saja. Tapi harus ada industrinya. Sebab ketidakmampuan sektor pertanian menyerap kelebihan tenaga kerja dapat diserap oleh sektor lain, salah satunya sektor industri,” terang gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini.

 

 

 

Masih pada hari yang sama, acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman kemiri dan kayu putih di Desa Paradowane, Kecamatan Parado, Kabupaten Bima. Penanaman pohon dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap lahan kritis pada kawasan hutan di NTB. Selain itu, penanaman kemiri dan kayu putih ke depannya dapat digunakan sebagai bahan baku industri minyak kayu putih dan minyak kemiri yang sedang dikembangkan pemerintah saat ini.

“Kita boleh menanam pohon. Kita boleh menanam Mangrove dan Kelor. Tapi yang paling penting kita sedang menanam harapan untuk anak cucu kita di masa yang akan datang.” Ungkap Gubernur NTB saat menghadiri pencanangan Desa Malaju sebagai Desa Wisata Bahari sekaligus penanaman pohon mangrove dan kelor, Sabtu 11/01/2020 di kecamatan Kilo, Dompu.

Pada hari Minggu, 12 Januari 2020, Gubernur dan tim meninjau industri ayam ras dan menghadiri pacuan kuda di Sumbawa Besar. Bang Zul berharap industry seperti ayam ras ini dapat lebih berkembang di NTB sehingga kesejahteraan dan kemandirian masyarakat NTB dapat terwujud.

Comments

Pages