Grafik Pertumbuhan Cabang Industri 2004-2016

Primary tabs

 

Cabang industri dengan jumlah unit usaha yang tertinggi adalah sektor Kerajinan, kemudian disusul oleh sektor Pangan

Cabang industri yang menyerap tenaga kerja paling tinggi adalah sektor Pangan. Sektor Kimia dan Bagunan relatif menyerap tenaga kerja cukup besar, mengingat jumlah unit usahanya yang tidak sebesar Sektor Pangan dan Kerajinan. Sektor Kerajinan, walaupun memiliki jumlah unit usaha tertinggi, namun serapan tenaga kerjanya tidak terlalu banyak, karena selayaknya sektor Sandang, sebagian besar unit usaha pada kedua sektor tersebut memiliki tenaga kerja tunggal/ satu orang/ usaha rumahan.

Nilai investasi pada Cabang-Cabang Industri pada umumnya mengikuti pola urutan jumlah unit usaha, kecuali pada Sektor Logam dan Elektronika. Dari sudut pandang jumlah unit usaha, Sektor Logam dan Elektronika menempati urutan terakhir, namun dari sudut pandang nilai investasi urutannya adalah pada posisi ke-tiga. Hal ini menunjukkan bawhwa sektor ini cenderung memerlukan investasi yang cukup besar.

Nilai produksi pada Sektor Kerajinan; Sandang; serta Logam dan Elektronika cenderung mengalami kenaikan yang stabil, sedangkan pada Sektor Pangan serta Kimia dan Bahan bangunan mengalami lonjakan kenaikan jumlah yang cukup berarti. Hal ini menunjukkan bahwa harga jual produk dari kedua sektor tersebut di lapangan cenderung mengalami kenaikan yang berarti jika dibandingkan dengan tiga sektor yang lain. Selain itu, sektor Kimia dan Bahan Bangunan dapat dikatakan menyumbang kontribusi nilai produksi yang cukup berarti, mengingat jumlah unit usahanya yang hanya menempati urutan ke-empat.

Kategori Dokumen: