FASILITASI YANG DIBERIKAN OLEH DINAS PERINDUSTRIAN PROVINSI NTB KEPADA IKM

PERAN DINAS PERINDUSTRIAN PROVINSI NTB DALAM MEMFASILITASI IKM

Pengumuman ini merupakan suatu informasi yang perlu diketahui oleh IKM / UKM yang ingin mendapatkan legalitas usaha dan difasiitasi oleh Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berkoordinasi dengan Dinas Perindag Kabupaten/Kota Setempat. Adapun yang difasilitasi oleh Dinas Perindustrian Provinsi NTB adalah, Pendaftaran HKI: Pendaftaran Halal, Perdaftaran Merek, Pendaftaran SNI, Pendaftaran Desain Industri, Pendaftaran Hak Cipta. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi terlampir.

Syarat Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

             I.            Syarat Pendaftaran Merek :

1.      Isi Formulir Permohonan Merek ( Surat Pernyataan ) rangkap 4

2.      KTP

3.      Lampirkan Logo Merek : 9 x 9 cm dengan kertas F4 (hanya merek)

4.      Bukti Pembayaran ( PNBP )

5.      Surat Pernyataan Bahwa Merek yang di mohonkan pendaftarannya adalah milik pemohon atau milik pendesain

6.      Surat Pernyataan yang di lengkapi dengan bukti yang cukup bahwa pemohon berhak atas Merek yang bersangkutan ( bila pemohon bukan pendesain )

7.      Surat Kuasa ( bila melalui kuasa/ konsultan/ HKI )

8.      Bukti Prioritas bila menggunakan Hak Prioritas (Pemohon dari Luar Negeri)

 

          II.            Syarat Pendaftaran Desain Industri :

1.      Isi Formulir Permohonan Desain Industri ( Surat Pernyataan ) rangkap 4

2.      KTP

3.      Lampirkan contoh fisik gambar atau foto dan uraian dari desain industri yang di mohonkan pendaftarannya (kertas ukuran A4,100-200 gr/m² untuk lembar uraian 3 rangkap,harus jelas memperlihatkan seluruh bagian desain yang ingin dilindungi )

4.      Bukti Pembayaran ( PNBP )

5.      Surat Pernyataan Bahwa Desain  yang di mohonkan pendaftarannya adalah milik pemohon atau milik pendesain

6.      Surat Pernyataan yang di lengkapi dengan bukti yang cukup bahwa pemohon berhak atas Desain Industri yang bersangkutan ( bila pemohon bukan pendesain )

7.      Surat Kuasa ( bila melalui kuasa/ konsultan/ HKI )

8.      Bukti Prioritas bila menggunakan Hak Prioritas (Pemohon dari Luar Negeri)

 

       III.            Syarat Pendaftaran/ Pencatatan Hak Cipta :

1.      Isi Formulir ( Surat Permohonan dan Pernyataan )

2.      Contoh ciptaan, produk hak terkait atau penggantinya

3.      Surat pernyataan kepemilikan ciptaan ( dan ) hal terkait

4.      Surat Kuasa ( bila menggunakan kuasa )

5.      Akte Pendirian Badan Hukum, &/KTP

6.      Surat Pengalihan Hak ( bila ada pengalihan )

7.      Membayar Biaya ( bukti pembayaran/PNPB )

8.      Bukti Otentik : contoh untuk tarian yaitu berupa video

 

       IV.            Syarat-syarat Pendaftaran Sertifikasi SNI

1.      Foto Copy Akte Notaris Perusahaan

2.      Foto Copy SIUP, TDP, SITU, SIUI (Ruang lingkup harus sesuai dengan produk yang dimohonkan)

3.      Foto  Copy NPWP

4.      Surat  Pendaftaran Merk dari Dirjen HAKI / Sertifikasi Merk

5.      Surat Pelimpahan Merk atau kerjasama antara pemilik merk dengan pengguna merk (hanya bila merk bukan milik sendiri)

6.      Struktur organisasi perusahaan yang disahkan pimpinan

7.      Surat penunjukan wakil manajemen

8.      Biodata wakil Manajemen

9.      Skematis diagram alur proses produksi

10.  Daftar induk Dokumen Sistem Manajemen Mutu (daftar seluruh prosedur, instruksi kerja, dan formulir untuk sistem manajemen mutu)

11.  Pedoman mutu yang telah disahkan

12.  Foto Copy Sertifikat sistem manajemen mutu (bila ada)

13.  Ilustrasi Tata cara pembubuhan tanda SNI dan kode lembaga Baristand (Balai Riset dan Standardisasi) Industri Surabaya

14.  Foto Copy laporan atau sertifikat kalibrasi peralatan inspeksi / pengujian (untuk AMDK)

15.  Surat Permohonan SPPT SNI (F.OP-01)

16.  Daftra berkas permohonan (F.OP-02)

17.  Formulir permohonan (F.OP-03)

18.  Pengendalian mutu produk (F.OP-04)

19.  Pengendalian bahan baku / penolong (F.OP-05)

20.  Proses  produksi dan pengendalian mutu (F.OP-06)

21.  Peralatan produksi (F.OP-07)

22.  Peralatan inspeksi (F.OP-08)

23.  Pernyataan kesesuaian (F.OP-11)

24.  Tanda terima berkas permohonan (F.OP-12)

25.  SIPA / surat ijin / kerjasama dari PDAM atau yang setara lainnya atau surat keterangan kerjsama perusahaan pemohon SPPT SNI dengan perusahaan pemegang SIPA untuk air baku (untuk AMDK)

26.  Sertifikat hasil uji air baku terhadap Permenkes Nomor : 907/Menkes/SK/VII/2002 lampiran II persyaratan air baku (untuk AMDK)

27.  SPPT (reakreditasi)

 

          V.            Persyaratan Pendaftaran Sertifikasi Halal

1.      PIRT

2.      TDI

3.      Fotocopy KTP

4.      Mengisi Formulir

5.      Denah Lokasi

6.      Materai 6000

7.      Contoh produksi/kemasan

 

 

 

  

            Mataram, 7 Mei 2019