Error message

Deprecated function: The each() function is deprecated. This message will be suppressed on further calls in menu_set_active_trail() (line 2405 of /var/www/vhosts/disperin.ntbprov.go.id/httpdocs/includes/menu.inc).

Dukung Industrialisasi, STIP adakan Diskusi dengan OPD Sektoral untuk Rancang Kebutuhan Permesinan

Primary tabs

 

Untuk mendukung fungsi Technopark STIP NTB sebagai salah satu pemicu roda industrialisasi di Provinsi NTB, maka dilaksanakan diskusi terbatas dengan beberapa OPD terkait untuk merancang bersama kebutuhan mesin-mesin pengolahan komoditas di tahun 2020 – 2023. Kebutuhan permesinan tersebut secara umum terbagi dua, yaitu kebutuhan alat dan mesin untuk peningkatan produktifitas dan kualitas bahan baku yang sedianya menjadi rancangan kebutuhan OPD dalam proses perencanaan di tahun 2020 – 2023 dan mesin-mesin pengolahan komoditas produk yang menjadi rancangan kebutuhan dalam proses perencanaan Dinas  Perindustrian Provinsi NTB yang akan diinisiasi oleh Technopark STIP NTB.

Rancang bangun kebutuhan permesinan pengolahan komoditas unggulan dari masing-masing OPD tersebut nantinya akan dibuatkan rancang bangun dan spesifikasi teknis oleh tim Technopark STIP NTB untuk kemudian menjadi pola pembuatan mesin oleh IKM permesinan di Provinsi NTB di bawah monitoring, evaluasi dan supervisi Technopark STIP NTB. Rancang bangun spesifikasi teknis ini nantinya akan menjadi dasar untuk dikirim ke Biro Administrasi Pembangunan Dan Pengadaan Barang Jasa (Biro AP dan BPJ) Pemerintah Provinsi NTB untuk dapat dimasukkan ke dalam E – Katalog Lokal Provinsi NTB sehingga dapat diproduksi secara massal dan mendorong peningkatan daya saing dan produktifitas IKM permesinan di Provinsi NTB.

 

Beberapa OPD sektoral yang menghadiri diskusi terbatas di Technopark STIP adalah OPD sektoral yang dipandang memiliki kebutuhan permesinan berbasis komoditas seperti Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Provinsi NTB, Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan Dan Catatan Sipil Provinsi NTB, Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi NTB dan Dinas Pertanian Dan Perkebunan Provinsi NTB dan BAPPEDA Provinsi NTB selaku koordinator perencana daerah NTB. Masing-masing OPD tersebut menyampaikan kebutuhan permesinan masing-masing OPD untuk kemudian akan ditindaklanjuti dengan pertemuan teknis yang diinisiasi oleh BAPPEDA Provinsi NTB untuk menjadi Rencana Aksi Permesinan yang menjadi dasar kebutuhan pengganggaran masing-masing OPD di Provinsi NTB Tahun 2019 – 2023.

Kebutuhan permesinan ini merupakan terobosan yang dibangun oleh Technopark STIP untuk mensinkronkan rancangan perencanaan di masing-masing OPD khususnya untuk kebutuhan permesinan pendukung industrialisasi sehingga dapat menjadi matriks perencanaan 2020 – 2023 yang akan menjadi dasar perencanaan anggaran di masing-masing OPD. Hal ini dilakukan untuk mendukung industrialisasi di Provinsi NTB. Hal ini tentunya sejalan dengan visi misi Kepala Daerah Provinsi NTB Tahun 2019 – 2023 yakni untuk mendorong pengolahan komoditas berbasis permesinan. Pengolahan komoditas berbasis permesinan ini didorong untuk meningkatkan nilai tambah dari produk yang dihasilkan sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Provinsi NTB secara keseluruhan.