Error message

Deprecated function: The each() function is deprecated. This message will be suppressed on further calls in menu_set_active_trail() (line 2405 of /var/www/vhosts/disperin.ntbprov.go.id/httpdocs/includes/menu.inc).

Dorong Swasembada Mesin, Disperin NTB Gelar Rapat Kerjasama dan Koordinasi

Primary tabs

 

Bertempat di Ruang Rapat Dinas Perindustrian Provinsi NTB pada Senin, 17/02/2020, Disperin NTB menggelar Rapat Kerjasama dan Koordinasi  dengan Perguruan Tinggi, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Science Technology Park (STP) Sumbawa, IKM Pembuatan Mesin, ASPEL NTB, Biro Bina APP & LPBJPPemerintah Provinsi NTB, dan UPT Kotaraja Lotim.

Dalam rapat tersebut, Ibu Kadis Perindustrian NTB Nuryanti, SE., ME yang didampingi Kabid ILMATE Dra. Hj. Ely Suryani, M. Pd. dan beberapa staf lainnya memberikan pemaparan terkait rencana ke depannya. Dinas Perindustrian akan menjadi Leading Sector untuk target Provinsi NTB menjadi Daerah Swasembada Mesin. Swasembada Mesin dihajatkan untuk memenuhi kebutuhan program industrialisasi.

Hadir dalam pertemuan itu perwakilan kampus-kampus di NTB yang memiliki Fakultas Teknik, yaitu Universitas Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram, dan Universitas Teknologi Sumbawa yang sekaligus mewakili STP Sumbawa. Selain perwakilan perguruan tinggi, turut hadir juga perwakilan IKM Pembuatan Mesin dan ASPEL NTB. Kehadiran berbagai pihak ini diharapkan akan memperkuat sinergi dalam upaya untuk menghadirkan permesinan di NTB.

“Kita ingin mendorong kampus melakukan penelitian, khususnya di bidang permesinan yang lebih tepat sasaran sesuai kebutuhan IKM” kata Ibu Nuryanti selaku Kadis Disperin NTB.

Ke depan, hasil-hasil penelitian berupa prototype dari dunia Pendidikan diharapkan mampu digunakan oleh Industri Kecil dan Menengah yang ada di NTB. Pihak pemerintah akan berupaya untuk memfasilitasi pembiayan ke sektor perbankan dan juga akan memfasilitasi proses standarisasi produk permesinan yang dihasilkan. Selain itu, pihak pemerintah juga akan memfasilitasi proses perizinan legalitas IKM dan syarat-syarat yang lainnya sehingga produk mereka bisa listing di e-katalog.