DINAS PERINDUSTRIAN PROVINSI NTB SIAP MENDUKUNG KEGIATAN DENGAN MENINGKATKAN PRODUKSI PERMESINAN, KREATIVITAS INDUSTRI KERAJINAN SEHINGGA KUALITAS, KUANTITAS & KONTINUNITAS BERLANGSUNG DENGAN BAIK

Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat menghadiri rapat koordinasi komunitas lingkungan bersama lingkungan hidup dan kehutanan yang dilaksanakan pada hari Senin, 07 Oktober 2019 di ruang rapat Dinas Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB.Pengarahan dan Sambutan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB terkait dengan Pelaksanaan dan Mendukung Zero Waste yang telah dilaksanakan maupun yang belum dilaksanakan.Program tersebut adalah Misi ke 3 Gubernur NTB yaitu Bersih dan Lestari dikaitkan dengan Misi ke 5 Mandiri dan Sejahtera.

Dalam Rapat Koordinasi, disampaikan oleh pemimpin rapat, bahwa rapat kali ini bertujuan untuk Menyamakan Persepepsi penanganan Sampah, Bukan hanya untuk memperkuat branding image NTB sebagai destinasi wisata, tetapi program ini juga sangat strategis untuk pertumbuhan wirausaha baru di daerah.“Program Zero Waste adalah program yang sangat bagus. Akan ada banyak peluang usaha, terutama bagi kaum muda kreatif apalabila program ini dilaksanakan dengan maksimal. Program NTB Zero Waste merupakan salah satu program unggulan Pemprov NTB di bawah pemerintahan Gubernur  Zulikeflimansyah dan Wagub Sitti Rohmi Djalilah.Dengan peluncuran program ini, diharapkan NTB bisa bebas sampah pada tahun 2023 mendatang.

 

Dinas Perindustrian Provinsi NTB mendukung kegiatan tersebut dengan meningkatkan Produksi, Permesinan, Kreativitas Industri Kerajinan sehingga Kualitas, Kuatintas dan Kontinunitas berlangsung dengan baik. Plt Kepala Dinas Perindustrian Prov. NTB Dalam Dialog dengan Peserta Rapat Koordinasi Komunitas Lingkungan mendapatkan banyak masukan terkait dengan Pengelolaan Sampah dan Peserta berharap mendapat dukungan dari Pemerintah terkait dengan Kebijakan, Peningkatan Sumberdaya Manusia dan Dukungan Permesinan sehingga produksi Olahan Limbah sampah akan meningkat. Disamping itu juga Peserta Rapat Koordinasi Komunitas Lingkungan menampilkan hasil olahan yang terbuat dari limbah Sampah Kertas, Daun antara lain : Batu Bata Kertas, Papan, Meja dan Kursi sedangkan Limbah Plastik dapat di buat menjadi Bunga, Dompet dan Tas.

Hasil Tindak Lanjut Rapat Koordinasi Komunitas Lingkungan diharapkan Pemerintah Daerah memberikan Dukungan Anggaran untuk meningkatkan produksi olahan limbah sampah :        

a). Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Manusia dengan Pelatihan – Pelatihan,

b). Permesinan dalam menunjang Produksi sehingga  Kualitas, Kuatintas dan Kontunitas dapat terpenuhi.

 

Comments

Pages