Dinas Perindustrian NTB dan BBP Mektan Kementrian Pertanian RI tandatangani Perjanjian Kerjasama

Primary tabs

 

Pada tanggal 5 Desember 2019, bertempat di STIPark Lombok Barat, Dinas Perindustrian NTB menandatangani perjanjian kerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Kerjasama tersebut tentang fasilitas Standar Nasional Indonesia (SNI) Bagi produk Industri Kecil Menengah (IKM) Logam dan Mesin di NTB.

Tujuan perjanjian ini adalah untuk menerapkan teknologi mekanisasi pertanian dan sumberdaya yang dimiliki kedua belah pihak, guna mewujudkan Program Kemampuan Teknologi Industri dalam rangka mendukung standardisasi produk Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Industri Kecil dan Menengah (IKM) Logam dan Mesin di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Adapun Fasilitasi Standardidasi Mekanisasi Teknologi Pertanian meliputi: 

a. Pendampingan kepada IKM Logam dan Mesin di Provinsi NTB

b. Pengujian terhadap produk-produk Alsintan IKM Logam dan Mesin di Prov. NTB

Bapak Harsono M.Pd selaku pejabat yang mewakili Kepala BBP MEKTAN Kementrian Pertanian RI menyampaikan bahwa kerjasama dengan Dinas Perindustrian NTB merupakan langkah awal kemajuan bersama. Selain kerjasama dalam hal pengujian, Dinas Perindustrian dan Kementrian Pertanian bisa bekerja sama dalam hal lain, salah satunya perbaikan dan perawatan mesin. Ia juga berharap melalui kerjasama ini hasil yang optimal bisa dicapai oleh semua pihak khususnya para pelaku  industri kecil menengah (IKM).

“Fasilitasi pengujian pra SNI ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan daya saing produk-produk IKM di NTB. Kita berharap produk-produk IKM NTB bisa masuk di E-Katalog. Kita juga akan mendorong OPD-OPD untuk belanja di IKM.” Ungkap Ibu Plt Dinas Perindustrian NTB Nuryanti SE., ME