Error message

Deprecated function: The each() function is deprecated. This message will be suppressed on further calls in menu_set_active_trail() (line 2405 of /var/www/vhosts/disperin.ntbprov.go.id/httpdocs/includes/menu.inc).

Balai Kemasan Latih 20 Penenun untuk Membuat Kemasan dan Label Produk

Primary tabs

 

Pada hari Kamis, 20 Februari 2020, Balai Kemasan mendapat kunjungan dari Islamic Relief, sebuah Lembaga Kemanusiaan Non Pemerintah yang berkomitmen untuk pengentasan kemiskinan dan penderitaan melalui implementasi program-program pada sektor Peningkatan Pendapatan dan Mata Pencahariaan (Livelihood). Kunjungan tersebut sekaligus menghadirkan 20 penenun yang berasal dari Batujai, Lombok Tengah. Dalam kesempatan tersebut, Balai Kemasan memberikan materi dan pelatihan terkait pembuatan kemasan dan label produk, dalam hal ini produk tenun.

Hal ini dilakukan untuk mendukung peningkatan kapasitas masyarakat dalam meningkatkan penjualan kain tenun serta mempertahankan kualitas yang harus selalu terjaga baik, sehingga diperlukan peningkatan kemampuan untuk mendukung mereka dalam hal packaging (pengemasan), labelling  (pelabelan), dan quality control (kontrol kualitas) ) sebagai langkah baru dalam kelanjutan proses pasca produksi tenun dan turunan tenun. Pelatihan pembuatan kemasan (packaging) dan pembuatan label (labelling) atau penamaan tenun ini diharapkan agar sebuah produk memiliki identitas dan memiliki nilai yang lebih tinggi dan dapat masuk pada pasar internasional.

Pelatihan yang digelar di Balai Kemasan NTB yang terletak di Jalan Gunugn Dieng no. 2A Mataram ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari peserta. Peserta aktif bertanya jika ada hal yang kurang dimengerti terkait proses pengemasan dan pelabelan sebuah produk. Selain itu, peserta juga merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini. Mereka banyak mendapat pencerahan bagaimana melakukan pengemasan yang baik dan bisa menarik perhatian pelanggan, khususnya produk tenun.