4 Desember 2020

Tugas Fungsi PPID

Tugas Dan Fungsi PPID 

A. Tugas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) antara lain:

1. melakukan klasifikasi informasi yang terdiri dari :

· Informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;

· Informasi yang wajib diumumkan secara serta merta;

· Informasi yang wajib tersedia setiap saat;

 · Informasi yang dikecualikan.

2. mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi yang ada dilingkungannnya;

3. menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi yang ada dilingkungannya kepada publik;

4. melakukan verifikasi bahan informasi publik yang ada di lingkungannya;

5. melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi yang ada dilingkungannya;

6. menyediakana informasi dan dokumentasi yang ada di lingkungannya untuk di akses oleh masyarakat ; 7. melakukan inventerisasi informasi yang dikecualikan untuk disampaikan kepada PPID Utama;

8. memberikan laporan tentang pengelolaan informasi yang ada dilingkungannya kepada PPID Utama secara berkala.

B. Wewenang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) antara lain:

1. menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

2. meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja/kompo- nen/satuan kerja yang menjadi cakupan kerjanya;

3. mengkoordinasikan pemberian pelayanan, informasi dengan PPID Pembantu dan/atau Pejabat Fungsional yang menjadi cakupan kerjanya;

4. menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses oleh publik.