21 Februari 2024

Rakernas Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME., menghadiri Pembukaan Rakernas Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) yang bertempat di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta pada hari Rabu (21/12). Kegiatan ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju, serta 25 Gubernur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya mengungkapkan ancaman perubahan iklim atau climate change sangat nyata. Bahkan di beberapa wilayah Indonesia, dampak bencana yang dianggap lebih besar pandemi covid-19 tersebut sudah terasa.

“Kita tahu dampak kerusakan lingkungan, perubahan iklim nampak nyata. Kerusakan lingkungan yang telah banyak mengakibatkan bencana banjir longsor kekeringan dan musibah lainnya,” jelas Jokowi (Sumber, CNBC Indonesia)

Sementara itu dilansir dari Antara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto meminta dana lingkungan hidup difokuskan untuk sektor seperti kehutanan, energi sumber daya mineral, perdagangan karbon, jasa lingkungan, pertanian, kelautan perikanan, transportasi, hingga industri sampah dan limbah.

“25 gubernur hadir untuk menjelaskan mengenai BPDLH, yang bisa dikerjasamakan dengan daerah, kegiatan ini bisa difokuskan kepada sektor-sektor (tersebut),” kata Menko Airlangga saat membuka Rakernas Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH).