31 Januari 2023

Bersama Mahasiswa KKN Terpadu, UPTD BKPD Gencarkan Sosialisasi Kemasan

Senin, 16 Januari 2023 – Mewakili Kepala Balai Kemasan Produk Daerah Staf Balai Kemasan Zahrul Martayadi S.STP dan Dico Muhammad, S.Tr.IP, sebagai narasumber Sosialisasi dan Pelatihan Packing, Branding, dan Sertifikasi Halal Produk UMKM yang di adakan oleh mahasiswa KKN Terpadu Universitas Mataram Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan bertempat di Kantor Desa Taman Ayu, Lombok Barat. Kegiatan ini diikuti sebanyak 11 peserta dari berbagai IKM di Desa Taman Ayu.

Pengemasan adalah proses memberikan pelindung atau penutup untuk sebuah produk sehingga produk tetap terjaga selama proses penyimpanan dan distibusi. Kemasan juga biasanya memiliki sejumlah informasi yang berguna bagi semua pihak yang terkait dengan isi kemasan. Secara sederhana bisa didefinisikan bahwa kemasan adalah bahan pembungkus bagi sebuah produk yang berfungsi untuk melindungi, mengidentifikasi, nenggambarkan, menampilkan dan mempromosikannya. Adanya kemasan juga akan membuat produk tetap bersih dan bisa dipasarkan.

Staf Balai Kemasan Zahrul Martayadi S.STP, menejelaskan beberapa fungsi kemasan, diantaranya sebagai wadah melindungi produk, membangun serta meningkatkan kepercayaan pelaku usaha dan konsumen, menambah daya tarik produk, mempromosikan produk dengan sendirinya, memberikan perbedaan dengan produk lain, meningkatkan masa simpan produk makanan. Jenis kemasan dibedakan berdasarkan fungsi, pertama kemasan primer yaitu kemasan yang langsung mewadahi produk, kemasan sekunder yaitu kemasan utama yang melindungi kelompon kemasan, kemasan tersier dan kuarter yaitu kemasan yang diperlukan untuk menyimpan, pengiriman atau identifikasi.

Sementara itu Staf Balai Kemasan Dico Muhammad S.Tr.IP, menjelaskan bahwa kemasan yang dirancang harus berbeda dengan yang lain, sehingga dibutuhkan desain kemasan yang unik dan khas. Produk yang sama namun dengan kemasan yang berbeda juga bisa diterapkan tergantung dengan pasar konsumen yang ditargetkan.

Desan kemasan yang unik memberikan daya tarik dan informasi pada pelanggan atau calon pembeli. Bentuk dan dekorasi pada kemasan, serta jenis material kemasan yang digunakan memegang peranan yang sangat penting untuk meningkatkan daya tarik produk.

“Desain dari sifat dan karakteristik bahan kemasan yang akan digunakan sehingga secara teknis dapat diaplikasikan ke prpduk yang akan dikemas,” tuturnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab peserta dan narasumber guna mengetahui secara langsung apa yang menjadi keluhan dan permasalahan pelaku IKM serta untuk mengatasi permasalahan teraebut.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi IKM agar memahami pentingnya kemasan produk dan perizinan produk sehingga dapat meningkatkan nilai jual produk.