31 Januari 2023

Pengembangan Sentra IKM Olahan Porang Di Kabupaten Lombok Timur

Mewakili Kadisperin Prov. NTB, Kepala Bidang Sarana, Prasarana & Pemberdayaan Industri, Aryanti Dwiyani, S. Pt., M. Pd bersama Fungsional Perindag Pertama, Tris Setya Ariyanti, S. IP menghadiri sekaligus sebagai Narasumber dalam Kegiatan “Pendampingan & Pengembangan Diversifikasi Produk Pada 5 Sentra IKM Pengolahan Porang”, berlokasi di Lesehan Carpio Lenek, Kab. Lombok Timur. Senin, 05 Desember 2022

Koordinator Fungsi IKM Makanan Direktorat IKM Pangan, Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, Indra Akbar Dilana, memaparkan bahwa potensi produksi tanaman porang masih sangat besar. Umbi porang mengandung glukomanan yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan sebagai bahan baku berbagai macam industri.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Lombok Timur segera menyusun rencanan kelembagaan rumah produksi bersama (kelembagaan sentra IKM).

Adapun program kegiatan dalam pengemban produk turunan olahan porang yang dilakukan oleh Ditjen IKMA Kemenprin RI yaitu :

  1. Peningkatan sistem keamanan pangan melalui sertifikasi dalam rangka meningkatkan daya saing,
  2. Pengembangan ekosistem pengolahan porang bersama perguruan tinggi dan praktisi dalam pengurangan kandungan oksalat
  3. Pengembangan sentra olahan porang melalui mekanisme Dana Alokasi Khusus,
  4. Pendampingan IKM pengolahan tanaman porang yang berlokasi dalam sentra IKM,
  5. Peningkatan teknologi dan kapasitas produksi melalui program restrukturisasi mesin dan/ atau peralatan,
  6. Pengembangan produk turunan porang melalui pengembangan IKM yang berinovasi dengan menggunakan bahan baku porang,
  7. Promosi dalam rangka peningkatan pasar melalui pameran dalam negeri, marketplace lokal dan marketplace global serta link & match.

Kabid Sarpras, Aryanti Dwiyani, S. Pt., M. Pd mengatakan bahwa pelaku IKM memang harus bemimpi, berani kita berbuat dan mewujudkan mimpi tersebut. Maka dengan itu, ungkapan-ungkapan terkait porang ini kita jawab dan buktikan, dengan adanya support dari berbagai pihak sehingga dapat membuktikan kesungguhan pelaku Industri yg ada di Kab. Lombok Timur.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini bisa membawa virus Industrialisasi kepada masyarakat”. Tutupnya

Sebelum menutup kegiatan, Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Lombok Timur, M. Zaidar Rohman, S. STP., M. H, mengatakan bahwa hubungan yang sudah terjalin baik ini harus kita jadikan peluang, karena Lombok Timur ini memiliki potensi yang bisa di kembangkan dengan tanaman porang sebagai bahan baku dasar berbagai macam olahan pangan.

Dilanjutkan dengan mengunjungi Pabrik Produksi Pengolahan Porang yang berlokasi di Desa Pringgabaya Utara Kec. Pringgabaya, Kab. Lombok Timur.