31 Januari 2023

Lestarikan Sejarah Kain Tradisional Melalui Kemilau Wastra NTB

Mewakili Kepala Dinas Perindustrian Prov. NTB, Fungsional Pembina Industri, Irfana Amir, ST menghadiri Pameran Wastra NTB “Kemilau Wastra Untuk NTB Gemilang” yang berlokasi di Aula Museum Negeri Nusa Tenggara Barat. Kamis, 01 Desember 2022

Wastra Indonesia adalah kain tradisional yang sarat akan makna budaya nusantara. Masing-masingnya memiliki ciri khas yang dapat dibedakan dari simbol, warna, ukuran hingga material yang digunakan.

Pembukaan dan peresmian pameran dilakukan oleh Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, S.E., M. Sc. Dalam sambutannya, Hj. Niken Saptarini, mengatakan bahwa Wastra NTB selalu menarik karena budaya kita merupakan kekayaan budaya yang dimiliki oleh tiap-tiap daerah dengan proses yang sangat lama.

Tantangan yang dihadapi oleh generasi muda saat ini yaitu bagaimana bisa menghasilkan suatu karya (kain) untuk menujukkan keteguhan dan semoga bisa menginspirasi generasi muda kedepannya.

Turut hadir Wakil Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Hj. Lale Prayatni, Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi NTB, Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd.,M.Pd, Kepala Satpol PP Provinsi NTB, Stakeholder terkait, dan Siswa SMA Kota Mataram.