31 Januari 2023

Lomba Wirausaha Muda NTB 2022 Ciptakan Iklim Industrialisasi dan Kualitas SDM

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME., didampingi oleh Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Pemberdayaan Industri, Aryanti Dwiyani, M. Pd., menghadiri kegiatan rangkaian seleksi Wirausaha Muda NTB 2022 yang diselenggarakan oleh Internasional Council for Small Business ( ICSB) NTB yang bertempat di Hotel Lombok Astoria Mataram, Minggu 27 November 2022.

Lomba diadakan dalam dua kategori yakni kategori umum dan kategori pelajar/mahasiswa dengan total peserta yang mendaftar 265 orang dari seluruh NTB. Proses seleksi melalui penyaringan 50 terbaik, 20 terbaik, Top 10 , 5 terbaik hingga 3 terbaik.

Event ini berupaya membantu pemerintah daerah dalam memperbanyak wirausaha muda. Pada event wirausaha muda NTB kepala dinas perindustrian sekaligus bagian dari ICSB NTB sebagai wakil koordinator bidang hubungan pemerintah dan penyelarasan program ICSB siap membina dan memfollow up Bisnis peserta lomba wirausaha muda.

“Jadi semua potensi yang ada pada event ini, dinas perindustrian siap mendampingi mulai dari standarisasi produk, sertifikasi SDM maupun peralatan sesuai dengan yang dibutuhkan”. ungkap Nuryanti

Ikhtiar NTB dengan program industrialisasi menghadirkan iklim industri untuk lahirnya inovasi – inovasi baru. Kompetisi ini sebagai momen yang sangat berharga untuk membangun iklim industrialisasi serta peningkatan kualitas SDM.

“Jangan takut salah ataupun takut memulai suatu usaha , karena memulai suatu usaha sangat susah. Iklim industrialisasi terus kita bangun dengan mengadakan event – event seperti ini”. Ungkap Nuryanti.

Pada event ini ICSB NTB mendatangkan para investor diantara dari Bank Indonesia, PLN, Telkom, Dinas Perindustrian NTB, KOIN NTB, Kadin NTB dan Bank NTB Syariah untuk melakukan pitching Investor yang bertujuan untuk dapat memfollow up serta menggali potensi ataupun kebutuhan dari masing-masing peserta wirausaha muda NTB kemudian selanjutnya untuk dibina dan bimbing mulai dari pembiayaan, bantuan peralatan dan pembinaan dalam mengembagkan jaringan bisnis secara online maupun offline agar mampu memiliki jaringan yang lebih luas dengan harapan mampu dikenal di kancah nasional maupun internasional.

Kehadiran lomba wirausaha muda NTB diharapkan mampu membuka jaringan serta kolaborasi yang lebih luas. Bukan sekedar menjadi juara tapi mampu memperbanyak teman dan mengenal banyak perbangkan.

Hal ini selaras dengan yang sampaikan oleh Bapak Gubernur NTB ” Jangan Asyik menerima penghargaan, berkompetisi, menang menjadi juara 1 tapi bisnisnya tidak besar-besar. Stop berkompetisi tapi bagunlah aktivitas bisnisnya kecuali ikut berkompetisi di jadikan sebagai ajang pembalajaran, memperbanyak kawan dan memperbanyak kenal dengan perbankan”.

Mari berwirausaha untuk membangun perekonomian daerah.