3 Desember 2022

Jalin Kerjasama dengan KANWIL NTB, KEMENKUM RI Beri Penghargaan DISPERIN NTB

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB Nuryanti., SE, ME mewakili Gubernur Provinsi NTB menerima penghargaan apresiasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam acara Roving seminar kekayaan intelektual-DKI Jakarta dengan tema “Memacu Kreativitas dan Inovasi untuk pemulihan Ekonomi Nasional.

Acara tersebut dilaksanakan di Birawa Assembly Hall-Bidakara pada hari senin 21 November 2022 kemarin dan NTB salah satu Provinsi yang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Hukum dan Ham karena telah ikut berperan aktif dalam memacu pertumbuhan kreativitas dan inovasi kekayaan intelektual dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly dalam sambutannya menyebut “jika industri kreasi dan inovasi saat ini berkembang begitu pesat. Menyusul dengan teknologi industri yang sudah memasuki era 5.0 sehingga pihaknya harus melakukan percepatan, baik dari sisi pelayanan publik maupun regulasi”

Beliau melanjutkan “Mau tidak mau, suka tidak suka, ‘perang’ kreasi dan inovasi menjadi sangat penting. Kita tidak bisa bergantung lagi pada sumber daya alam. Bahwa percepatan teknologi, percepatan revolusi industri, digital, tidak lagi linear tetapi eksponensial,”.

Untuk itu, Menkumham mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif berbasis kekayaan intelektual (KI) dan setiap daerah berperan aktif untuk mensukseskan program yang akan berdampak besar untuk masyarakat.

Dinas Perindustrian tersendiri sebelumnya pernah melakukan jalin kerjasama dengan KANWIL KUMHAM NTB dalam mengawal hak kekayaan intelektual seperti merek, hak paten, desain, hak komunal dan indikasi geografis. Kepala Dinas Perindustrian saat itu sebagai perwakilan Pemerintah Provinsi NTB menandatangani perjanjian kerjasama dengan Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM NTB di ruang rapat DISPERIN NTB Juni 2020 lalu.

Ini menunjukkan keseriusan bersama dalam mengawal dan ikut serta berperan aktif dalam memacu pertumbuhan kreativitas dan inovasi kekayaan intelektual di daerah Nusa Tenggara Barat. Terlebih, saat ini Indonesia mengalami tren positif dengan bangkitnya ekonomi nasional pascapandemi yang banyak dirintis oleh lini ekonomi kreatif dari sektor usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) ditengah NTB sebagai tuan rumah event Internasional yang sering diadakan Indonesia

Sinergi dalam mengupayakan memacu pertumbuhan kreativitas dan inovasi kekayaan intelektual di daerah Nusa Tenggara Barat tidak lepas dari dua stakeholder yang melakukan perjanjian kerjasama mengawal hak kekayaan intelektual dua tahun lalu, selain itu Kepala Wilayah Kementrian Hukum dan HAM NTB juga mengusulkan NTB sebagai salah satu penerima penghargaan sebagai bentuk apresiasinya karena telah berperan aktif dalam mensukseskan pertumbuhan kreativitas dan inovasi kekayaan intelektual dari KEMENKUM HAM.

CintaidanBeliProdukNTB #PertumbuhanIndustri #IKMnaikKelas #NTBMandiridanSejahtera #NTBGemilang #IndonesiaMaju #DariNTBuntukIndonesia #IKMKerjaKerasIKMNaikKelas