3 Desember 2022

Industrialisasi Goes to Campus.

Dinas Perindustrian Provinsi NTB setelah melakukan Roadshow Industrialisasi di Kabupaten/Kota yang ada di NTB selanjutnya mengunjungi kampus-kampus yang ada di NTB. Universitas Mataram sebagai kampus perdana dikunjungi menghadirkan 3 Narasumber yakni Gubernur NTB, Dr. H Zulkieflimansyah S. E., M. Sc. Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) NTB, Gusti Bagus Ngurah Putra Sendiana dan H. Yusron Saadi, ST., M.Sc., Ph.D. yang mewakili Rektor Universitas Mataram.

Industrialisasi Goes to Campus mengangkat Tema ” Menggali Potensi dan Peran Mahasiswa dalam Menyongsong Industrialisasi di NTB untuk Indonesia” dengan rangkaian acara Talkshow Industrialisasi, Seminar Enterpreneur, Bazar Produk Industri Mahasiswa dan Masyarakat secara umum, Klinik Bisnis, Sosialisasi Komunitas Industri 4.0 Live Music dan lainnya.

Presiden Mahasiswa Yudistira diawal sambutannya mengatakan atas nama Universitas Mataram sebagai kampus nomor satu di NTB yang sampai hari ini didatangi langsung oleh bapak Gubernur, bapak Dr. H. Zulkieflimansyah S. E, M. Sc. untuk melaksanakan Industrialisasi Goes to Campus. Nusa Tenggara Barat hari ini identik dengan beberapa hal inovasi besar yang hadir beberapa hari kedepan ini.

Beliau melanjutkan “Beberapa tahun belakangan ini NTB menjadi sorotan dunia hari ini, dengan hadirnya WSBK, MotoGP, event-event internasional hadir di NTB dan itu terbukti majunya Indonesia lahir dari Indonesia Timur, lahir dari NTB tepatnya di kepemimpinan Dr. Zulkieflimansyah”

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti S. E., ME bercerita awal mula kenapa Industrialisasi Goes to Campus ini hadir, beliau mengatakan bahwa “Industrialisasi Goes to campus hadir ketika kami dari Dinas Perindustrian di demo oleh BEM UNRAM, dari itu kami menantang Mahasiswa untuk berkolaborasi melaksanakan program Industrialisasi yang menjadi program unggulan oleh Pemprov NTB.

Beliau melanjutkan “Selain itu dukungan antara pemerintah dan Kampus untuk lebih baik dengan bekerjasama sebagai pelayan masyarakat dibidang industrialisasi mulai dari mengurus perizinan, NIB, merek, PIRT dan lainnya yang dibutuhkan oleh pelaku industri”

Ini menjadi modal besar setelah beberapa kabupaten dan kota sukses dengan Roadshow industrialisasi dan dimeriahkan oleh penampilan dari para pelajar yang diinisiasikan oleh Dikbud Provinsi NTB, hari ini kita merasakan nuansa yang luar biasa dengan Mahasiswa yang punya budaya kritis dan menghadirkan produk industri nya dari industri robotik, makanan dan banyak lainnya.

Dalam dialog Industrialisasi Gubernur NTB tampil perdana menyampaikan materi tentang industrialisasi yang dibangun melalui Pemprov NTB. Beliau mengatakan bahwa Cina dulu adalah negara yang dilecehkan dengan produk nya, tetapi 20 sampai 25 tahun setelah itu Negara sebagai negara penghasil Industri terbesar dan skita rasakan sampai sekarang. Itu tidak mudah, butuh pengorbanan dan keberanian untuk mencapai kegemilangan tersebut. Beliau melanjutkan bahwa industrialisasi adalah kesadaran bahwa kita harus menghentikan lingkaran setan kemiskinan dengan industrialisasi.

Kegiatan industrialisasi goes to campus yang dilaksanakan di Universitas Mataram akan berjalan dia hari sebagai keseriusan BEM UNRAM untuk ikut serta mensukseskan Industrialisasi sebagai program unggulan Pemprov NTB.

Ini juga sebagai program perdana dari Dinas Perindustrian membawa narasi Industrialisasi Goes to campus dan akan berlanjut ke kampus-kampus berikutnya yang ada di NTB menuju NTB Gemilang