31 Januari 2023

SMKN 1 Woja Hadirkan Produk Penggiling Jagung saat Roadshow Industrialisasi di Dompu

Kabupaten Dompu dengan berbagai potensi yang dimiliki terutama dalam bidang agrobisinis khususnya komoditi jagung. Produktivitas jagung yang tinggi dan bisa mensuplai kebutuhan jagung nasional oleh daerah dengan motto Nggahi Rawi Pahu ini, menjadi salah satu hal penting yang mendorong berbagai pihak di luar daerah mau bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Dompu dalam hal penyerapan hasil jagung petani.

Sejak diluncurkan di tahun 2010 lalu, Program Tanaman Jagung di Kabupaten Dompu telah memberikan manfaat yang nyata dalam membangun ekonomi rakyat serta berdampak positif pada sektor pembangunan lainnya, baik Pendidikan, Kesehatan Sosial Budaya serta menciptakan keamanan dan ketertiban rakyat.

Industrialisasi merupakan salah satu program unggulan Gubernur NTB saat ini yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah seluruh sektor ekonomi dengan sektor industri sebagai leading sectornya.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menyampaikan bahwa, tidak mungkin suatu negara maupun suatu daerah mencicipi  kesejahteraan dari pembangunan tanpa adanya industrialisasi. 

Sebagai salah satu daerah pemasok kebutuhan jagung nasional, Kabupaten Dompu terpilih sebagai salah satu dari enam kabupaten di Indonesia yang menerima hibah pelaksanaan program pengembangan ekonom lokal tahun 2019.

Melihat Produktivitas jagung yang tinggi dan bisa mensuplai kebutuhan jagung nasional SMKN 1 woja menciptakan mesin penggiling jagung dengan kapasitas penggilingan 80-100kg/jam yang diberi nama KABADO 21. Mesin ini diciptakan dari tangan tangan terampil para pelajar dari SMKN 1 Woja, Kabupaten Dompu.

Saat Roadshow Industrialisasi di Kabupaten Dompu SMKN 1 Woja hadir dan mengenalkan produk industri permesinan kepada Gubernur NTB dan Bupati Dompu, keduanya berkesempatan mencoba langsung mesin penggiling jagung yang diciptakan oleh SMKN 1 Woja.

Harapan dari para pelajar SMKN 1 Woja yang disampaikan saat roadshow industrialisasi bahwa produk lokal harus benar benar dilirik dan dimonitoring oleh pihak terkait agar dapat bersaing tidak hanya di pasar domestik, tetapi juga untuk menjamah pasar global di berbagai kawasan di dunia.

Mari sama sama kita dukung produk lokal NTB agar bisa bersaing dipasar dunia menuju NTB Gemilang