4 Juni 2023

Sampaikan Materi Kemasan di HUT DWP, Kabalai: Kesan Menarik pada Packaging Tingkatkan Nilai Jual Produk

Mewakili Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Kepala Balai Kemasan Produk Daerah Aryanti Dwiyani, M.Pd didampingi Staff UPTD BKPD, Voxcy menjadi Narasumber pada Kegiatan HUT DWP ke 23 Tahun 2022 dengan materi tentang “Cara Pengepakan, Kemasan dan Label” di Kantor Bangsal Pengolahan Kota Mataram (11/10/2022).

Selalu narasumber, Aryanti menyampaikan kutipan dari Hermawan kartawijaya selaku pakar marketing bahwa IKM yang ada tidak harus naik kelas, namun bisa juara kelas. Selain itu, pengemasan adalah perihal penting dalam memasarkan produk dan tentunya dengan kemasan dapat menjaga produk dari segala hal yang dapat merubah rasa atau warna produk tersebut.

“Kemasan sangat penting. Packaging bagaikan raja dan produk bagai ratu yang tidak bisa dipisahkan. Memberikan kesan menarik dan meningkatkan nilai jual” Terang Kabalai.

Disamping memiliki kemasan yang menarik, penggunaan labelling juga diperlukan pada kemasan seperti Nama, Logo, PIRT, Halal, kode produksi dan exp dll, maka akan sangat mudah pemasaran produk. Sehingga konsumen akan ingat dan hafal produknya dengan mengenali kemasan.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktek alat kemasan oleh Voxcy menggunakan Hand sealer dan Vacum sealer. Kelompok Ekonomi Kreatif serta ibu-ibu DWP juga diberikan kesempatan untuk praktek langsung cara pengoperasian alat kemasan tersebut.

Turut hadir Wakil Ketua I Iin Ridwansyah beserta DWP Prov. NTB dan kelompok ekonomi kreatif Desa Dermansari 1 Mekar (UPI) Unit Pengolahan Ikan.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa anak muda saat ini sangat kompeten terhadap digitalisasi yang menjadikannya banyak belajar tentang hal-hal kreatif. Meskipun demikian DWP Provinsi NTB akan memberikan sumbangsih berupa pembinaan kepada kelompok ekonomi kreatif agar mandiri dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Harapannya semoga kegiatan ini berkelanjutan, dan pengelompokkan secara khusus pada kegiatan yang berbeda seperti, management keuangan, pengemasan, pengolahan dll sehingga semakin berkembangnya produk IKM kita ini.