28 September 2022

Tepung Porang Siap Menjadi Berbagai Produk Olahan

Potensi porang di Kabupaten Lombok Timur cukup besar. Terlebih tanaman ini merupakan pohon liar yang semula terbuang. Namun, setelah dibudidayakan muncul harga porang yang fantastis. Beberapa desa di lombok timur menjadikan porang sebagai sumber penghasilan. Tanaman porang juga dapat dijadikan olahan seperti chips, keripik dan tepung. Agar porang dapat menjadi olahan yang bagus dengan harga yang bersaing, Dinas Perindustrian Kab.Lombok Timur mengadakan pelatihan kepada IKM yang mengolah porang.

Dalam hal ini, Kepala Balai Kemasan Aryanti Dwiyani, M.Pd bersama Kasi Pelatihan dan Promosi Heldy Sardianto, M.M.Inov menjadi Narasumber pada kegiatan Pelatihan Teknik Produksi dan Standarisasi Produk dari Tepung Porang Menjadi Produk Olahan yang diikuti sebanyak 5 sentra IKM porang dari Desa sajang, Lendang Nangka, Pringgabaya, Sapit, Pengadangan. (Kamis, 22 September 2022)

Kegiatan yang bertempat di Lesehan Carpio, Lombok Timur ini dihadiri beberapa narasumber dari Kemenkumham NTB, Kemenag dan BBPOM. Aryanti selaku narasumber pertama menjelaskan terkait pentingnya kemasan bagi produk dan juga tehnik pemasaran.

“Kemasan sebagai pelindung produk, menjaga kualitas produk. Kemasan juga sebagai silent salesman yang mana produk akan tetap terjual meski kita hanya diam” Terangnya.

Narasumber kedua, Heldy menyampaikan terkait pentingnya perizinan untuk keamanan produk dan konsumen.

“kemasan memiliki label halal lebih dipercaya dan terjamin kehigienisannya. Mengingat tahun 2024 produk-produk harus ada label halalnya”. Terangnya.

Kemenag NTB dan Kemenkumham mengatakan dukungan terkait perizinan kehalalan serta hak perlindungan merek usaha menggunakan badan hukum. Agar produk yang dihasilkan, menjadikan produk-produk NTB yang diakui secara syariah dan legalitas perizinan.

Kegiatan pelatihan ditutup oleh Kadis Perindustrian Kab. Lombok Timur H. Muhammad Zaidar Rohman, S.STP,.MH. dengan ucapan Terimakasih kepada Narasumber yang sudah memberikan materi kepada IKM-IKM porang di Lombok Timur. Dalam sambutan penutupannya, Kadisperin Lotim mengutip Gubernur NTB terkait Industrialisasi sekaligus harapannya agar peserta dari IKM porang ini dapat mengolah menjadi berbagai macam olahan dan hasil produk tersebut dapat bersaing.