28 September 2022

Rakernas Dekranas dukung Pengrajin Lokal Berdaya Saing

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB sekaligus Ketua Harian Dekranasda, Nuryanti., SE., ME mendampingi Ketua Dekranasda NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah menghadiri Pembukaan Rapat Kerja Nasional Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pada hari Selasa (20/09/2022) dengan mengusung tema Semangat Bertahan Pengrajin Berdaya Saing dibuka oleh Ketua Umum Dekranas, Hj. Wuri Ma’ruf Amin di Gedung Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia di jl. Kebon Sirih, Gambir – Jakarta Selatan.

Rakernas Dekranas diikuti oleh 34 Ketua Dekranasda Provinsi secara luring dan 540 perwakilan dekranasda kabupaten/kota secara daring. Visi Dekranas yaitu menjadi lembaga yang handal dalam mendukung kemandirian ekonomi Indonesia. Misi Dekranas yaitu menyiapkan regenerasi sumber daya manusia (SDM)/perajin yang unggul, menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan tradisi serta budaya bangsa, meningkatkan daya saing produk kerajinan berbasis kearifan lokal dengan selera global melalui pengembangan inovasi, desain, kreatifitas dan efisiensi; meningkatkan hubungan kemitraan dan kerjasama dengan lembaga nasional dan internasional di bidang industri kerajinan, mendorong perluasan akses pasar bagi produk-produk kerajinan Indonesia; membangun ekosistem industri kerajinan melalui penguatan potensi kerajinan Indonesia; mendorong industri kecil dan mnengah (IKM) kerajinan masuk ke dalam rantai pasok global.

Tujuan dari program kerja Dekranas antara lain:

  1. Menggali, mengembalikan, dan melestarikan budaya bangsa
  2. Memperhatikan kesejahteraan pengrajin
  3. Meningkatkan kualitas produk
  4. Meningkatkan pemasaran dan penjualan produk

Program kerja Dekranas/Dekranasda sejalan dengan visi menjadi lembaga yang hadir untuk meningkatkan industri Nusantara berbasis Wastra. Modal kebudayaan dan kearifan lokal dapat menjadi sumber kekuatan Industri kerajinan yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Hal-hal lain yang masih menjadi kendala yaitu permodalan, regenerasi perajin, dan persaingan dengan barang sejenis yang diimpor.

Sekjen Dekranas Pusat menyampaikan capaian kinerja dan program kerja yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2022 sebagai bentuk pertanggungjawaban program dan acuan kinerja di tahun yang akan datang. Dilanjutkan dengan penyampaian pemaparan dari Dirjen Bina Bangda Kemendagri RI Dr. Teguh Setyabudi, M.Pd tentang alternatif struktur pembiayaan daerah mendukung program kerja Dekranas/Dekranasda.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah antara Pengurus Dekranas Pusat dan para undangan. Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan rakernas Dekranas ini sebagai langkah penting untuk memajukan produk lokal.