28 September 2022

BKD NTB Sosialisasikan E-Sensi, PNS dan PPPK Kini Isi Presensi Online

Kasubbag Umum & Kepegawaian sekaligus sebagai koordinator Aplikasi E-sensi Disperin Dewa Putu Rijaksana, SE., didampingi Kasubbag TU UPTD Balai Kemasan Airlina, dan staff Dinas Perindustrian NTB mengikuti kegiatan Sosialisasi Peraturan Gubernur NTB Nomor 79 Tahun 2022 tentang Disiplin Kerja Pegawai juga Petunjuk Teknis Aplikasi Presensi Online (E-Sensi) Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Provinsi NTB yang diadakan oleh BKD Provinsi NTB pada hari Rabu (21/09/2022) di Aula Rinjani BPSDMD Provinsi NTB.

Kegiatan sosialisasi tersebut langsung dibuka oleh sekretaris BKD. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa salah satu indikator kedisiplinan pegawai adalah ketepatan waktu dalam masuk dan pulang dalam bekerja. Untuk mengukur ketetapan waktu tersebut.

Perangkat Daerah mengalami kesulitan, karena masih menggunakan cara manual dalam melakukan presensi. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan solusi berupa penerapan aplikasi presensi online (E-Sensi). Selain itu juga beliau menyampaikan bahwa tujuan dan maksud dari kegiatan tersebut yaitu untuk Menjamin ketertiban dan kelancaran pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Pegawai ASN, Meningkatkan kinerja, kualitas dan produktifitas kerja, meningkatkan profesionalisme, tanggung jawab dan disiplin kerja, dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan kondusif.

Penerapan aplikasi presensi online tersebut perlu menjadi perhatian bagi seluruh ASN baik itu dari PNS maupun dari PPPK karna hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja dari pegawai. Dalam sosialisasi tersebut juga ada bebrapa kewajiban dan larangan dalam absensi melalui e-sensi tersebut diantara kewajibannya yaitu:

  1. Setiap Pegawai ASN wajib mengisi daftar hadir pada setiap hari kerja dan pulang kerja dengan menggunakan aplikasi presensi online (E sensi).
  2. Pegawai ASN yang terlambat masuk kantor karena alasan mendesak atau alasan lainnya wajib menyampaikan laporan melalui aplikasi presensi online, disertai alasan dan keterangan pada form presensi yang disediakan aplikasi dengan persetujuan atasan langsung. Setelah berada pada radius yang ditentukan Pegawai ASN wajib melakukan perekaman kehadiran melalui aplikasi presensi online.
  3. Pegawai ASN yang pulang lebih awal dari Jam Kerja dengan alasan mendesak atau alasan lainnya wajib menyampaikan laporan melalui aplikasi presensi online. disertai alasan dan keterangan pada form presensi yang disediakan aplikasi dengan persetujuan atasan langsung.
  4. Pegawai ASN yang melakukan tugas/urusan dinas (rapat, konsultasi) hingga waktu jam pulang kerja dapat melakukan presensi online pada lokasi tempat pelaksanaan tugas/urusan dinas tersebut (luar radius) dengan mengisi alasan presensi di luar radius dan mendapat persetujuan atasan langsung.
    Sedangkan bebrapa larangan yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan E-sensi adalah Setiap Pegawai ASN dilarang memanipulasi alasan kehadiran dan alasan ketidakhadiran pada aplikasi Esensi serta Setiap Pegawai ASN dilarang menitip presensi pada Pegawai ASN/PTT/GTT/Tenaga Kontrak. Kegitan tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab kepada seluruh peserta.

Untuk diketahui bahwa penerapan aplikasi ini akan diberlakukan pada tgl 03/Oktober/2022, guna memaksimalkan sisa waktu 6 hari kerja kedepan kami akan melakukan sosialisasi langsung ke masing-masing bidang, Sekretariat dan Balai Kemasan.