28 September 2022

Disperin Lotim Undang BKPD NTB Sosialisasikan Pentingnya Kemasan untuk Olahan Tembakau

Tembakau merupakan bahan utama pada rokok. Di Nusa Tenggara Barat tepatnya di Kab. Lombok Timur menjadi lokasi penghasil tembakau dengan kualitas terbaik. Namun, pengelolaan hasil tembakau perlu diatensi lebih, terutama dalam hal pengemasan dan pemasarannya. Mewujudkan hal tersebut, Dinas Perindustrian Kab. Lombok Timur memfasilitasi beberapa IKM Rokok yang potensial di daerah tersebut.

Selasa, 13 September 2022 Kepala Balai Kemasan Produk Daerah, Aryanti Dwiyani, M.Pd bersama Kasi Pelatihan dan Promosi Heldy Sardianto, ST., MM.Inov pada menjadi narasumber dalam Pelatihan Pengemasan Rokok yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Kab. Lombok Timur di Aula Lesehan Purnama, Masbagik.

Turut hadir Kadis Perindustrian Kab. Lombok Timur yang diwakili oleh Kabid Pembangunan SDM Industri H. Zaenuddin, AM.Sp dan Koordinator Pembangunan SDM Industri Muh. Sujirman Febriawanto, SE., Kegiatan ini diikuti sebanyak 50 peserta dari berbagai IKM rokok di Lombok Timur.

Kegiatan ini bertujuan agar IKM yang sudah ada dan pemula, bisa mengolah hasil agar tidak langsung masuk keperusahaan, setelah adanya beberapa keluhan dan juga IKM ini dapat ilmu pengemasan. Dengan harapan, IKM yang hadir mampu mengimplementasikan hasil dari pelatihan ini, sehingga lebih kreatif lagi dalam menentukan kemasan produk rokoknya.

Kepala Balai menjelaskan bahwa branding produk dengan kemasan lebih efisien, sehingga banyaknya daya tarik pembeli serta pemasarannya akan cukup luas.

“Rokok di NTB ini sudah bagus, namun perlu dikembangkan lagi dengan Inovasi terbarukan dalam hal kemasan untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk rokok NTB go global” Ungkapnya.

Heldy sebagai narasumber kedua memaparkan hal penting membrand sebuah produk seperti Merk, Nama produk, logo, komposisi, berat bersih, exp.

“Buat merk dan nama produk yang tidak sama, dan segera daftarkan agar memiliki hak paten. Buat nama yang mudah diingat dan tidak melanggar undang-undang”, terangnya.

Mewakili Disperin Kabupaten Lombok Timur Sujirman Febriawanto juga menyampaikan ucapan terimakasih dan harapan untuk berkolaborasi terkait pembangunan rumah kemasan di kab. Lombok Timur.

Kegiatan dirangkaikan dengan praktek alat kemasan (handsealer) oleh beberapa IKM.